Pengaruh jenis plastik kemasan terhadap sifat kimia, mikrobiologi dan sensoris selama masa simpan kue kacang produksi beberapa UMKM di kota Samarinda dan Balikpapan

Tholhah Tholhah, Krishna Purnawan Candra

Abstract


Pengemasan dilakukan untuk mempertahankan mutu dan kualitas produk yang disimpan serta untuk memperpanjang umur simpannya karena dapat melindungi kerusakan seperti penyerapan air dan proses oksidasi yang menyebabkan ketengikan. Pada penelitian ini dilaporkan tentang pengaruh jenis plastik kemasan (Polypropylane, Polyethylene terephtalate, dan Polystyrene) terhadap masa simpan kue kacang. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan tiga ulangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi dengan sampel berasal dari beberapa UMKM di Samarinda dan Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kemasan berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap kadar asam lemak bebas, bilangan peroksida dan kadar air kue kacang. Penyimpanan kue kacang selama tiga bulan menunjukkan perbedaan yang tidak nyata untuk angka lempeng total (p>0,05). Nilai TPC kue kacang dengan semua kemasan melewati batas maksimal SNI 2973:2011 (1x104 koloni/g) sejak penyimpanan hari ke-14. Jenis kemasan memberikan pengaruh nyata (p<0,05) terhadap karakteristik hedonik seperti warna, rasa, aroma, dan tekstur, juga pada mutu hedonik. Lama penyimpanan menyebabkan penurunan respons penerimaan kue kacang yang dikemas dengan keempat jenis plastik tersebut.

Keywords


Mutu produk; polypropylene; polyethylene; polystyrene

Full Text:

PDF

References


BSN, 2011. SNI 2973:2011 Mutu dan Cara Uji Biskuit. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Fardiaz, S., 1993. Mikrobiologi Pangan I. PT Gramedia, Jakarta.

Julianti, E., Nurminah, M., 2006. Teknologi Pengemasan. Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara, Medan.

Lay BW., 1994. Analisis Mikroba di Laboratorium. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Taufik AA., 2004. Perubahan Bilangan Peroksida Tepung Tulang Kaki Ayam Broiler Selama Penyimpanan Dalam Bahan Pengemas Yang Berbeda. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Setiawan, HA., 2005. Penentuan Umur Simpan Produk Biskuit Marie Dengan Metode Accelerated Shelf Life Testing (ASLT). Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Soekarto, S.T., 1985. Penilaian Organoleptik untuk Pangan dan Hasil Pertanian. Bhatara Karya Aksara, Jakarta.

Steel, R.G.D., Torrie, J.H., 1989. Prinsip dan Prosedur Statistika, Suatu Pendekatan Biometrik, 2nd ed. Diterjemahkan oleh: Sumantri, B. Gramedia, Jakarta.

Sudarmadji, S., Haryono, B., Suhardi, 2010. Prosedur Analisis Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty, Yogyakarta.

Yuni, T., Law, K., Olivia, S., Hartanto, Y., Erwanto, H., 2012. Pengawasan Mutu Snack Dan Biskuit. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Pelita Harapan, Karawaci.




DOI: http://dx.doi.org/10.35941/jtaf.1.1.2019.2414.36-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Agricultural Products Technology, Faculty of Agriculture, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot Kampus Gunung Kelua Samarinda - Kalimantan Timur, 75119
Phone: +62 812 5363 4777 ( Helmi Mawardi )
E-Mail: jtaf@faperta.unmul.ac.id

           jtropicalagrifood@gmail.com

 

Description: Description: Journal of Tropical AgriFoodDescription: Indonesian Association of Food Technologies (PATPI) Kalimantan Timur

This journal is jointly published by Agricultural Products Technology Department, Mulawarman University, Indonesia and Indonesian Association of Food Technologist (PATPI) Kalimantan Timur.

JTAF Today Visitors Description: Description: Creative Commons License
Journal of Tropical AgriFood by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JTAF eISSN: 2685-3604 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International

Copyright © 2024 Universitas Mulawarman

Provide by e-Journal System Portal Center of Excelllence for Tropical Studies and Manage by Wisanggeni