Tingkat Kepuasan Pelayanan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Berbasis Model Servqual Pada Masa Pandemi Covid-19

Muhammad Fikri Fadhillah Pasya, Nisa Muthiah, Verry Asfirizal

Abstract


RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo merupakan rumah sakit pemerintah yang dijadikan rujukan
untuk menangani pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Balikpapan. Rumah sakit berupaya memberikan pelayanan kepada pasien umum non COVID-19 dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan. Pengukuran tingkat kepuasan pasien relevan dengan penjaminan mutu rumah sakit. Lima dimensi indikator ukuran kepuasan berbasis model Servqual dapat menggambarkan secara umum tingkat pelayanan terhadap masyarakat. Artikel ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien poli gigi dan mulut RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo berbasis model Servqual pada masa pandemi COVID-19. Pengukuran dilakukan dengan metode deskriptif observasional kuantitatif. Responden adalah seluruh pasien yang datang dan mendapat perawatan di poli gigi dan mulut RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo selama September hingga Oktober 2021. Sejumlah 96 pasien telah dianalisis. Rerata 87,4% responden sangat puas dalam seluruh dimensi. Sebanyak 89,33% responden sangat puas pada dimensi tangible, dimensi emphaty sebanyak 85,98%, dimensi responsiveness sebanyak 86,25%, dimensi reliability sebanyak 87,29%, dan dimensi assurance sebanyak 89,86%. Kesimpulan artikel ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan poli gigi dan mulut RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo pada masa pandemi COVID-19 sejalan dengan upaya peningkatan mutu.


Keywords


Covid-19, Mutu, Rumah sakit, Servqual

Full Text:

PDF

References


Samad R, Akbar FH, Pasiga BD, Pratiwi R, Anwar AI, Djamaluddin N, et al. Evaluation of patient satisfaction on quality of public dental health service from different dimensions in Indonesia. Pesqui Bras Odontopediatria Clin Integr. 2018;18(1):1–8.

Batbaatar E, Dorjdagva J, Luvsannyam A, Amenta P. Conceptualisation of patient satisfaction: A systematic narrative literature review. Perspect Public Health. 2015;135(5):243–50.

Angraini AI. Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi di Poliklinik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone. 2015.

Pangerapan DT, Palandeng OELI, Rattu AJM. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokt Klin. 2018;2(1):9–18.

Kabadayi N, Cirpin BK. Service quality analysis with using a fuzzy AHP methodology: A case study in veterinary hospital in Turkey. Proc Int Conf Ind Eng Oper Manag. 2016;411–9.

Yuliana. Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine. 2020;2(February):124–37.

Ristyawati A. Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945. Adm Law Gov J. 2020;3(2):240–9.

Tuwu D. Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. J Publicuho [Internet]. 2020;3(2):267. Available from: http://ojs.uho.ac.id/index.php/PUBLICUHO/article/view/12535

Asmirajanti M, Aliyupiudin Y, Rusmini S, Rumondang PR, Chanafie D, Supyono. Penerapan Standar Akreditasi terhdapa Mutu dan Keselamatan Pasien Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. J Hosp Accredit. 2021;03:65–70.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. yogyakarta: Andi; 2014. p265 – 346

Hudyono R, Bramantoro T, Benyamin B, Dwiandhono I, Soesilowati P, Hudyono AP, et al. During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate. Dent J (Majalah Kedokt Gigi). 2020;53(2):81.

Raharja YD, Kusumadewi S, Astiti DP. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja. ODONTO Dent J. 2018;5(1):34.

Kusyana DNB, Pratiwi KA. Skala Pengukuran Kualitas Layanan : Sebuah Kajian Literatur. 2019;1(2):21–39.

Mumu LJ, Kandou GD, Doda D V. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou Manado Clinic of Internal Medicine Department of RSUP Prof . Dr . R . D. Kandou. J Unsrat [Internet]. 2015;1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/MOLAR.v2i2.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mulawarman Dental Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
Owner: Juice

slot88

slot88

https://nierika.ibero.mx/

https://mktdescubre.espoch.edu.ec/

https://revistas.polinorte.edu.co/

https://nota4dplus.xyz/

https://nota4dhub.xyz/

https://journal.p2ti.com/

https://beritagenz.com

Tips Buy Feature Paling Untung di Gates of Olympus

Kisah Pemain Menang 4 Juta di Sweet Bonanza

Cara Masuk Free Spin Lebih Cepat di Mahjong Ways 2

Publikasi dari ojs.elte.hu : Jam Gacor Hari Ini di Starlight Princess

Cerita Kemenangan Konsisten di Koi Gate

Cerita Tukang Bakso di Banten WD 2 Juta dari Power of Thor — Modal Receh, Hasil Bikin Kaget

Dosen UIN Banten Bongkar Cara Meningkatkan Peluang Menang di Gates of Olympus

Dosen UIN Banten Bongkar Rahasia Main Bigger Bass Bonanza, Pemula Auto Paham

Tukang Tambal Ban Asal Banten Ini WD 4 Juta Bermodal 25K di Mahjong Ways 2, Bikin Heboh Warga

Cerita Mahasiswa UIN Banten Dapat 3 Juta dari Sweet Bonanza Modal Cuma 20K

Dalam 1 Jam, Pedagang Asal Banten Kantongi 5 Juta dari Wild West Gold — Begini Ceritanya

Kuli Bangunan WD 5 Juta Bermodal 25K di Gates of Olympus Awalnya Cuma Iseng Saat Istirahat

Tukang Bakso Asal Banten WD 6 Juta Bermodal 30K di Wild West Gold

Penjual Gorengan di Banten Cerita Momen Tak Terlupa Saat Menang 6 Juta di Sweet Bonanza