Perbedaan Kekuatan Tekan Pada Resin Akrilik Tipe Heat-Cured Yang Direndam Dalam Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Dan Sodium Perborat

Daivy Marbun, Elliana Martalina, Verry Asfirizal

Abstract


Bahan pembuat basis gigi tiruan terdiri dari berbagai macam bahan, namun bahan yang hingga saat ini digunakan di Indonesia yaitu bahan resin akrilik tipe heat-cured. Membersihkan gigi tiruan yang sering digunakan mengguunakan bahan kimia sodium perborat tetapi memiliki kekurangan dapat menyebabkan fraktur. Hal ini mendorong pengembangan bahan alami yang dapat membantu sebagai bahan perawatan gigi tiruan. Salah satu bahan tradisional yang dapat digunakan sebagai pembersih gigi tiruan adalah tanaman rosella. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kekuatan tekan resin akrilik tipe heat-cured yang direndam ekstrak bunga rosella konsentrasi 40% dan direndam dengan sodium perborat. Penelitian ini eksperimental laboratorium. Terdapat 12 kelompok penelitian direndam dengan ekstrak bunga rosella 40%, sodium perborat dan aquades selama 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit. Pengulangan 3 kali. Pengukuran kekuatan tekan menggunakan alat UTM. Hasil penelitian kekuatan tekan terbsesar direndam dengan ekstrak bunga rosella konsentrasi 40% selama 10 menit 242,2 MPa. Pada perendaman dengan ekstrak bunga rosella konsentrasi 40% dan sodium perborat semakin lama kekuatan tekan semakin menurun. Terdapat perbedaan kekuatan tekan perendaman menggunakan ekstrak bunga rosella 40% dan sodium perborat. Kesimpulan dari penelitian ini perendaman resin akrilik tipe heat-cured yang direndam menggunakan ekstrak bunga rosella konsentrasi 40% selama 10 menit memiliki kekuatan tekan yang paling besar di bandingkan dengan perendaman sodium perborat.


Keywords


kekuatan tekan, resin akrilik, ekstrak bunga rosella.

Full Text:

PDF

References


Rawung VJR. Uji Kekuatan Tekan Plat Resin Akrilik Polimerisasi Panas yang Direndam dalam Minuman Berkarbonasi. PHARMACON. 2016;5(2).

McCabe, John F. Walls AWG. Applied Dental Materials 9th. Munksgaard: Blackwell; 2008.

Craig, Robert G. Powers, John M. Wataha JC. Dental Materials Properties and Manipulation. 8th ed. Mosby; 2004.

Afdila R. Perbedaan Efektivitas Sodium Perborat (POLIDENT®) terhadap Candida albicans pada Lempeng Resin Akrilik Heat Cured dan Nilon Termoplastik.

Budi AT. The Combination of Sodium Perborate and Water as Intracoronal Teeth Bleaching Agent. Dent J (Majalah Kedokt Gigi). 2008;41(4):186–9.

Khoiriyah YN. Porositas Lempeng Resin Akrilik Pasca Perendaman Rebusan Daun Sirih dan Kayu Siwak. J Vokasi Kesehat. 2018;4(1):39–45.

WHO. WHO Traditional Medicine Strategy. 2002;

Tanjong A, Dharmautama M. Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdarifa L) terhadap Koloni Candida albicans yang terdapat pada Plat Gigi Tiruan [Skripsi]. Skripsi Makassar Fak Kedokt Gigi, Univ hasanuddin H. 2011;70–1.

Tanjong A. Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa L.) terhadap Koloni Candida albicans yang terdapat pada Plat Gigi Tiruan. 2012.

Ayu Lestari W. Pengaruh Lama Perendaman Plat Gigi Tiruan Akrilik dalam Ekstrak Kelopak Bunga Rosella terhadap Kekuatan Transversa Plat Gigi Tiruan. 2012.

Irfany I, Dharmautama M, Damayanti I. Stabilitas Warna Basis Akrilik Gigitiruan Lepasan Setelah Pembersihan dengan Ekstrak dan Infusa Bunga Rosella (Color stability of removabel).2012.

Diansari V, Fitriyani S, Gustya AD. Pengaruh Durasi Perendaman Resin Akrilik Heat Cured dalam Minuman Teh Rosella (Hibiscus sabdariffa) terhadap Perubahan Dimensi. Cakradonya Dent J. 2015;7(2):854–62.

Chairunnisa R, Chailes S. Pengaruh Waktu Perendaman Basis Gigi Tiruan Resin Akrilik Polimerisasi Panas dalam Ekstrak Buah Lerak 0, 01% terhadap Kekuatan Impak. Dentika Dent J. 2015;18(3):274–9.

Evelyna A, Sutanto D. Perbedaan Kekuatan Transversa Resin Akrilik Heat Cured yang Direndam pada Larutan Eeffervescent dan Perasan Daun Salam (Eugenia Polyantha Wight). SONDE (Sound Dent. 2017;2(1):12–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/mul.%20dent.%20j.v1i1.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mulawarman Dental Journal