Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ULIN: Jurnal Hutan Tropis?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN

 

ULIN, Jurnal Hutan Tropis, adalah sebuah wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian di bidang kehutanan. ULIN terbit dua (2) kali setahun pada bulan April dan Oktober. Artikel yang berisi hasil penelitian tentang ilmu kehutanan akan diterima untuk di review sebagai tulisan.


PRINSIP PETUNJUK
Sebuah manuskrip yang diterima harus memenuhi kriteria umum sebagai berikut: artikel memberikan kontribusi bernilai terhadap keilmuan, metodologi yang digunakan dijelaskan dengan detil, sehingga ilmuwan lain dapat mengulangi eksperimen. Kesimpulan didukung oleh data, manuskrip singkat, ditulis dengan baik dan dapat dimengerti.

Penulis bertanggung jawab terhadap perbaikan (salah ketik, ejaan, istilah, dan sebagainya) yang disarankan oleh Dewan Redaksi dan naskah hanya diterbitkan setelah penulis mengirimkan kembali naskah hasil perbaikan (dalam bentuk print out, E-mail dan CD) paling lambat dua (2) minggu sebelum jadwal terbit dan diterima oleh Dewan Redaksi.


FORMAT MANUSKRIP
Manuskrip diunggah ke sistem jurnal ULIN dan disesuaikan dengan format standar ULIN, Judul, Penulis, Alamat dan Email, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima kasih, dan Daftar Pustaka. Panjang tulisan tidak melebihi 14 halaman naskah dengan spasi 1.5 termasuk tabel dan gambar serta lampiran dalam kertas berukuran A4 (210 × 297 mm), pada kolom tunggal, font Times New Roman 11 pt (kecuali Abstract/Abstrak, Key words/Kata kunci) dan diberi nomor baris. Margin pada keempat sisi 2 cm.


JUDUL MANUSKRIP DAN PENULIS
Judul harus informatif berisi tidak lebih dari 20 kata. Ditulis dengan jelas dan singkat yang menjelaskan isi penelitian. Nama penulis utama dan penulis pendamping (penulis kedua, dan seterusnya) ditulis dengan lengkap (tanpa singkatan), termasuk institusi/departemen/lembaga, alamat dan alamat email penulis yang bersangkutan dengan jelas.


ABSTRAK DAN KATA KUNCI
Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Memuat dengan ringkas latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan kesimpulan. Berikan penjelasan hasil atau temuan dengan ringkas. Nyatakan kesimpulan atau rekomendasi dan hubungkan dengan signifikansi penelitian. Abstrak tidak lebih dari 200 kata, tidak berisi referensi/ rujukan dan diberi kata kunci (lima kata atau frase disusun menurut abjad). Abstrak harus terintegrasi dan berdiri sendiri, berisi pendahuluan, tujuan, hasil, kesimpulan, dan saran.


PENDAHULUAN

Berisi informasi ringkas dan jelas yang berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Mengandung latar belakang yang mendasari penelitian dan menyebutkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan, tujuan penelitian, kerangka dan pustaka secara ringkas, serta pendekatan yang digunakan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Penulis pusataka menggunakan Nama dan Tahun.


BAHAN DAN METODE
Bagian ini menjelaskan secara rinci dan jelas tetapi ringkas mengenai lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian dan bahan-bahan yang digunakan. Metode yang digunakan ditulis dengan jelas dan sistematis, termasuk analisis, perlakuan, rancangan statistik atau desain penelitian yang digunakan.


HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil dan pembahasan harus ditulis pada bagian yang sama. Menjelaskan secara kontinu awal dari hasil utama untuk mendukung hasil dan dilengkapi dengan pembahasan. Unit pengukuran yang digunakan mengikuti sistem internasional yang berlaku. Semua gambar dan tabel pada manuskrip seharusnya aktif dan dapat diedit oleh editor.


KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan ditulis dengan jelas.


UCAPAN TERIMA KASIH
Jelaskan sumber pendanaan dan pihak-pihak yang memberikan pendanaan, termasuk nama orang-orang yang membantu penelitian.


DAFTAR PUSTAKA
Sistem penulisan pustaka yang diminta adalah penulis-tahun. Semua referensi yang dijelaskan harus ditulis dalam daftar pustaka dan diatur dari tahun terlam ke terbaru dan dari A ke Z. Artikel memiliki referensi 10 tahun terakhir atau lebih dan 60% adalah jurnal. Sebagian besar daftar pustaka adalah sumber primer (lima tahun terakhir). Data yang tidak dipublikasikan dan komunikasi personal tidak dapat dikutip sebagai literatur, tetapi diberikan pada teks dalam paragraf. Artikel “In Press” yang telah diterima untuk publikasi dapat dikutip dalam daftar pustaka. Termasuk sitasi jurnal dimana artikel “in press” akan muncul dan waktu publikasi, jika waktunya tersedia.

 

Satu Penulis

Artikel atau Buku

[Nama Depan] [Singkatan Nama Belakang]. [Tahun Publikasi]. [Judul]. [Nama Jurnal, Volume, Terbitan atau Nama Penerbit Buku]. [Penerbit Jurnal atau Buku]. [Versi Buku (jika ada)].

Website

Instansi pemilik/pengelola website. [Tahun Publikasi]. [Judul]. Tersedia pada [Alamat Situs]. Diakses pada [Tanggal Akses].

 

Untuk dua penulis:

[Nama Depan] [Singkatan Nama Belakang] dan [Nama Depan] [Singkatan Nama Belakang]

 

Untuk lebih dari dua penulis:

[Nama Depan] [Singkatan Nama Belakang], [Nama Depan] [Singkatan Nama Belakang], dst.

 

Sitasi:

Hasyim dan Putri (2015)

Susilo et al. (2010) atau Susilo dkk. (2010) tetapi harus konsisten

KLHK (2016)

 

Contoh :
Referensi untuk sebuah publikasi jurnal :
Van Do T, Osawa A, Thang NT. 2010. Recovery process of a mountain forest after shifting cultivation in Northwestern Vietnam. Forest Ecology and Management, 259: 1650-1659.

 

Referensi untuk buku :
Fachrul MF. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Bumi Aksara, Jakarta.

 

Referensi untuk sebuah bab pada buku :
Sauvard D. 2004. General biology of bark beetle: Bark and wood boring insect in living trees in Europe, a synthesis. In: Lieutier, F., K.R. Day, A. Battisti, J.C. Gregoire and H.F.  Evans. (eds.). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. pp. 63-88.

Referensi dalam prosiding :
Lippe M, Dung NV, Vien TD, Kien TT, Hilger T, Cadisch G. 2007. WaNuLCAS modelling of improved swidden agriculture systems by indigenous fallow management with Melia azedarach in the uplands of Ban Tat, Northern Vietnam. Proceedings of International Agricultural Research for Development Conference. pp. 263-270. University of Kassel-Witzenhausen and University of Göttingen, Germany.

 

Contoh isian daftar pustaka

1. Artikel dengan 2 Penulis

Hasyim N dan Putri P. 2015. Identifikasi jenis-jenis serangga pada lahan reklamasi PT Berau Coal, Kalimantan Timur. Jurnal Serangga Indonesia, Volume 3 Terbitan 10. Fakultas Kehutanan Universitas Indonesia Baru.

2. Buku dengan banyak penulis

Susilo M, Purba D, Najwa P, Kusumawardhani M. 2010. Serangga di Kalimantan. Mulawarman University Press. Edisi ke-2 Tahun 2010.

3. Website

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2016. Peta Batas Daerah Aliran Sungai Wilayah Kalimantan Timur. Tersedia pada http://webgis.dephut.go.id/pub/webgis. Diakses pada 10 Juli 2016.

 

dAFTAR CEK PENGAJUAN

Periksa kembali bagian-bagian berikut :

Berikan tanda centang ()

Korespondensi peneliti dilengkapi dengan detil kontak :

                                                                                                                       

  • Alamat surel (E-mail)

 

  • Alamat pos lengkap (termasuk nama jalan dan nomor (lokasi), kota, kode pos, provinsi, Negara)

 

  • Nomor telepon dan faksimil (termasuk kode telepon negara)

 

 

 

Semua file yang diperlukan diunggah, berisi :

 

  • Kata kunci

 

  • Judul singkat

 

  • Seluruh judul gambar

 

  • Seluruh tabel (termasuk judul dan catatan/deskripsi)

 

 

 

Pertimbangan lainnya

 

  • Manuskrip mengikuti tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

  • Daftar pustaka mengikuti format yang benar untuk jurnal ini.

 

  • Seluruh daftar pustaka yang diterangkan pada daftar pustaka dikutip pada teks, dan sebaliknya.

 

  • Gambar berwarna hanya digunakan jika informasi pada teks dapat hilang tanpa gambar tersebut.

 

  • Gambar (grafik dan diagram) digambar pada gambar hitam dan putih, gunakan bayangan (shading) untuk membedakan.

 

 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.