Pengaruh Supply Chain Management terhadap Kinerja Operasional Perusahaan Studi Kasus Pada Pizza Hut Kota Samarinda

Nisa Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supply chain management melalui variabel information sharing, longterm relationship, cooperation, dan process integration terhadap kinerja operasional Pizza Hut Kota Samarinda. Dengan menerapkan sistem supply chain management yang baik, restoran bisa terhindar dari stok berlebihan dan terjaganya stok bahan baku pada penyimpanan sehingga kepuasaan pelanggan meningkat karena produk yang dihasilkan berkualitas dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Supply chain management adalah sekumpulan kegiatan aliran barang mulai dari kegiatan pengiriman barang dari pemasok, pemrosesan bahan baku hingga mendistribusikannya ke konsumen. Populasi dalam penelitian adalah 4 outlet Pizza Hut di Kota Samarinda. Menjadikan 43 orang sampel yang terdiri dari manajer dan karyawan BOH back of house. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data setelahnya menggunakan aplikasi SPSS dalam mengelola data. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini variabel information sharing dan process integration berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional Perusahaan sedangkan variabel longterm relationship, dan cooperation tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi yang diberikan adalah outlet dan supplier dapat membuat perjanjian yang detail dan transparan sehingga produktifitas perusahaan selalu terjaga dengan baik.


Keywords


Cooperation; Information Sharing; Longterm Relationship; Process Integration; Supply Chain Management;

Full Text:

PDF

References


Ardianti, K. (2019). Analisis Pengaruh Supply Chain Management terhadap Kinerja Perusahaan. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Astutik, E. D. (2021). Strategi Bisnis “CEJEDW FROZEN FOOD” Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1).

Fitrianto, A. Y., Sudaryanto, B., & Manajemen, J. (2016). “Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Operasional Outlet” (Studi Pada Counter Handphone Yang Terdaftar Di PT. Multikom Indonesia Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–11.

GUNATIKA, K. D. (2022). DESKRIPSI ASPEK KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL OWNER LINGGA YONI PROPERTI DENGAN STAKEHOLDER DALAM BISNIS PROPERTI DI BALI. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

Jamaludin, M. (2022). PERENCANAAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA PT. XYZ BANDUNG JAWA BARAT. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 13(2), 70–83.

Latuconsina, Z., & Sariwating, N. D. (2020). Pengaruh Dimensi Dari Supply Chain Management Terhadap Kinerja Operasional Toko Komputer Di Kota Ambon. Jurnal Cita Ekonomika, 14(2), 67–80.

Nashrullah, A. (2019). Pengaruh Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan) Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Umkm Usaha Dagang Bahan Bangunan Kabupaten Sleman. In Skripsi. Skripsi Ekonomi-Universitas Islam Indonesia.

Puspanindyah, D. (2021). Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Operasional Bengkel Ahass. In Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi-UIIN.

Saleh, A. M., Kuswono, N. M. A., & Sayyid, A. N. (2020). Communipreneur: Model-model Komunikasi Kreatif di Era Industri 4.0. Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing).

Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis / Sugiyono. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i4.9091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.