Penilaian kesiapan pelaksanaan pengurangan emisi dari deforestasi dan kerusakan hutan (REDD+) di provinsi Kalimantan Utara

Wiwin Effendy, Ali Suhardiman, Subekti Nurmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesiapan Provinsi Kalimantan Utara dalam pelaksanaan REDD+ dengan merujuk pada aspek kebijakan, kelembagaan, dan perangkat-perangkat REDD+. Analisis data teknis deskriptif kualitatif yang digunakan merupakan proses dalam menganalisis, meringkas, dan menggambarkan situasi dan kondisi terkini yang telah dikumpulkan tentang permasalahan yang diteliti dan terjadi di lapangan. Dari hasil pengumpulan data, analisis, dan pembahasan terhadap keseluruhan penelitian dapat disimpulkan: 1. Provinsi Kalimantan Utara belum memiliki kebijakan khusus tentang implementasi REDD+, sebagai acuan dasarj telah diterbitkan Peraturan Gubernur Kalimantan Utara tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK) dan Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (RAD-TPB) serta 8 (delapan) kategori kebijakan yang relevan dan mendukung pelaksanaan persiapan REDD+ ; 2. Belum ada kelembagaan REDD+ di tingkat provinsi, namun Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara siap membangun kelembagaan REDD+ di tingkat sub-nasional; 3. Perangkat REDD+ di tingkat provinsi belum ada, namun saat ini sedang berlangsung penelitian tentang FREL dan sudah dilakukan kajian awal terkait dengan kerangka pengaman lingkungan dan sosial; dan 4. Secara umum, Provinsi Kalimantan Utara belum dapat mengimplementasikan program REDD+,

 


Keywords


Kebijakan; kelembagan; penilaian kesiapan; perangkat REDD+

Full Text:

PDF

References


Arman. (2020). Identification of GGGI Program Development in North Kalimantan. Samarinda: Global Green Growth Institute (GGGI). (Tidak Dipublikasikan)

Bappeda Provinsi Kalimantan Utara. (2021). Dinamika Kebijakan Perubahan Iklim di Kalimantan Utara. Bahan presentasi disampaikan dalam FGD Pembangunan Hijau Di Provinsi Kalimantan Utara. Tanjung Selor: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Butarbutar, T. (2016). Catatan Kesiapan Indonesia Untuk Skema Pengurangan Emisi Dari Deforestasi Dan Degradasi Hutan. Jurnal Analisis Kebijakan Vol. 13 (2): 103-125.

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara. (2017). Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara 2017–2021. Tanjung Selor: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Effendy, W., Wijaya, A., dan Suhardiman, A. (2020). Studi Penyempurnaan Dokumen RAD-GRK dan Analisa Pengembangan Kelembagaan Pembangunan Rendah Emisi di Kalimantan Utara. Samarinda: Yayasan Konservasi Alam Nusantara. (Tidak Dipublikasikan)

Hamsuri, R., dan Purwanti, E. (2020). Identifikasi dan Analisa Kebijakan/Regulasi Di Tingkat Provinsi dan Kabupaten Di Kalimantan Utara Dalam Upaya Pembangunan Berkelanjutan dan Perbaikan Tata Kelola Sumberdaya Alam Daerah. Samarinda: Yayasan Konservasi Alam Nusantara. (Tidak Dipublikasikan)

Indartik, I., Djaenudin, D., dan Ginoga, K.L. (2010). Tingkat Kesiapan Implementasi REDD Di Indonesia berdasarkan Persepsi Para Pihak: Studi Kasus Riau. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 7 (4): 285-303

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2019). Deforestasi Indonesia Tahun 2017–2018 . Direkorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. (2016). Kajian Lingkungan Hidup Strategis–Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS–RPJMD) Provinsi Kalimantan Utara 2016–2021. Tanjung Selor: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. (2019). Rencana Aksi Daerah Gas Rumah Kaca (RAD–GRK) Kalimantan Utara 2010–2030. Tanjung Selor: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Steni, B., Indrarto, G. B. (2020). Safeguards Pembangunan Rendah Emisi–Usulan Untuk Provinsi Kalimantan Utara. Samarinda: Yayasan Konservasi Alam Nusantara. (Tidak Dipublikasikan)

Suhardiman, A. (2022). Dokumen Teknis – Baseline Emisi Dari Deforestasi Dan Degradasi Hutan Di Provinsi Kalimantan Utara. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). Universitas Borneo Tarakan. (Tidak Dipublikasikan)

Wahyudi, R. (2021). Kerangka Kerja Penyaluran dan Peruntukan Dana RBP dan non-RBP REDD+ di Indonesia. Jakarta: Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan United Nations Development Programme.

Wahyuni, T. (2015). Pembelajaran Dari Projek Percontohan REDD+ Pada Fase Persiapan Dan Kesiapan. Jurnal Sosioteknologi Vol. 14 (1): 15-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v7i1.9558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wiwin Effendy, Ali Suhardiman, Subekti Nurmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International