Strategi ekonomi pengembangan tanaman obat masyarakat sekitar hutan (Studi kasus wilayah kerja KPH Kulawi)

Ladiva Ladiva, Syukur Umar, Hendra Pribadi, Budi Setiawan, Sofyan Sofyan

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pendekatan ekonomi yang digunakan dalam budidaya tanaman obat di dalam masyarakat sekitar hutan yang berada di wilayah kerja KPH Kulawi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak bertingkat untuk mengumpulkan data dari sampel sebanyak 90 peserta. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui elemen internal dan eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman obat. Temuan menunjukkan bahwa masyarakat lokal yang tinggal di sekitar hutan telah secara efektif memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk mengurangi kerentanan dan potensi ancaman. Berdasarkan data faktor internal dan eksternal diperoleh skor pembobotan sebagai berikut: faktor kekuatan = 1,76; faktor kelemahan = 1,24; faktor peluang = 1,58; faktor ancaman = 1,06. Dari skor pembobotan di atas kemudian diplotkan pada gambar analisis diagram SWOT yang terdiri dari 4 kuadran, yaitu Dari perpotongan keempat garis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, maka diperoleh strategi umum yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk strategi ekonomi pengembangan tanaman obat yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk mengambil setiap peluang pada kesempatan yang ada, sehingga dapat mengurangi jumlah kelemahan dan ancaman yang ditemukan di lapangan.


Keywords


Medicinal Plants, SWOT Analysis, Economic Strategy, Medicinal Plant Development, Traditional

Full Text:

PDF

References


Agrisistem, J., Sosek dan Penyuluhan, S., Oleh, D., Tandi, I., Sumang Jurusan Pertanian, dan, & Pembangunan Pertanian Gowa, P. (n.d.). Analisis Ekonomi Dan Strategi Pengembangan Usahatani Kedelai Di Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. http://ejournal.polbangtan-gowa.ac.id

Al Kholif, M. (2017). Strategi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Budidaya Tanaman Obat Keluarga (Toga). In Penamas Adi Buana (Vol. 02, Issue 2).

Andriani, M., Putri, E. R., Fatta, A. K., Meriza, A. S., Sari, D. P., Anandita, N., Nolasari, R., Rizki, S. P., & Astari, W. (2021). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Jahe (Zingiber Officinale) Sebagai Pengganti Obat Kimia Di Dusun Tanjung Ale Desa Kemengking Dalam Kecamatan Taman Rajo. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.14-19

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2). https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

ERNI ALBAKIA, S. A., & Rizal Adi Saputra. (2023). Identifikasi Jenis Daun Tanaman Obat Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN) Dengan Model VGG16. Jurnal Informatika Polinema, 9(4). https://doi.org/10.33795/jip.v9i4.1420

Fauzani, M., Akramiah, N., & Sutikno, B. (n.d.). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produkpt. Karunia Sentosa Plastik.

Farihiyyah, F., & Musthofa, M. B. (2020). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Dalam Menghadapi Dampak Perekonomian Masyarakat di Era Pandemi (Studi Kasus Penurunan Omset Penjahit UD. Ahass BJ di Desa Dukunanyar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2).

Fuad, F. M. (n.d.). Strategi Pengembangan Industri Florikultura Dalam Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Hijau Di Kabupaten Pekalongan.

Hamiyati, H., & Laratmase, A. J. (2021). Pengembangan Pengetahuan Tanaman Obat Herbal dengan Perilaku Bertanggung Jawab Mahasiswa terhadap Lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 10(2). https://doi.org/10.21009/jgg.102.101

Novianti, D. (2017). Potensi dan pengembangan jenis tanaman Obat di desa meranjat Kecamatan Indralaya Selatan. Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1), 45-52.

Qanita, A., Sunan, U., & Surabaya, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. In Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen (Vol. 1, Issue 2).

Rio Julio, Y., & Idham, M. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat Oleh Masyarakat Di Sekitar Hutan Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang (Utilization of Medicinal Plants by The Community Around In Semandang Kiri Village subdistrict Simpang Hulu District Ketapang) (Vol. 7, Issue 3).

Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Siahaan, S., & Aryastami, N. K. (2018). Studi Kebijakan Pengembangan Tanaman Obat di Indonesia. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 28(3). https://doi.org/10.22435/mpk.v28i3.119

Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, P., & dan

Perikanan, P. (2020). Artikel dipublikasi oleh Jurnal Agrosains dan Teknologi © 2020. Artikel ini berlisensi di bawah naungan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Strategi Pemasaran Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Di Desa Langda Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang Irmayani, Kusnady Tabsir, dan Mustawakkal.

Syukur Siregar, R., Firmansyah Tanjung, A., Fadhly Siregar, A., Hartono Bangun, I., & Oniva Mulya, M. (n.d.). Studi Literatur Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional.

Salsabila, W. (2022). Strategi Pengembangan Pemasaran Sayuran Hidroponik Melalui Pendekatan BCG (Boston Consulting Group) Di UPT Uir Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v8i1.14896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ladiva Ladiva, Syukur Umar, Hendra Pribadi, Andi Sahri Alam, Budi Setiawan, Arman Maiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International