Kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan Hutan Adat di Desa Long Alango Kecamatan Bahau Hulu Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara

Oktiani Perida Merang, Ice Anugrah Sari

Abstract


Peran Badan pengelola maupun  masyarakat adat dalam pengelolaan sumberdaya hutan sangat diperlukan dalam menjaga kelestarian sumber daya hutan sehingga fungsi hutan dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengurai dan menjelaskan potensi kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan hutan adat Tana Ulen di Desa Long Alango Kecamatan Bahau Hulu. Penelitian ini menggunakan Metode studi kasus dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa keberadaan Badan pengelola hutan adat beserta lembaga adat mampu mengendalikan masyarakat sekitar hutan maupun oknum dari luar untuk tidak melakukan perambahan hasil hutan tanpa izin. Kebaradaan hutan adat dengan luas kurang lebih 11.000 hektar yang masuk dalam zona hutan adat tradisional  Taman Nasional Kayan Mentarang merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat lokal karena  Pemanfaatan sumber daya alam yang ada dalam kawasan hutan hutan adat dapat dimanfaatkan seara terbatas untuk kepentingan bersama. Potensi kelembagaan masyarakat Desa Long Alango menggambarkan semangat juang dalam melestarikan sumber daya alam yang terkandung dalam kawasan hutan adat.


Keywords


Hutan adat, kelembagaan, masyarakat lokal.

Full Text:

PDF

References


Apuy, A. 2014. https://desalongalango.wordpress.com/2014/05/31/bum

i-hijau-long-alango/#more-11

Arizona, Y., Malik, & Irena Lucy Ishimora. 2017. Pengakuan Hukum Terhadap Masyrakat Adat : Tren Produk Hukum Daerah Dan Nasional Pasca Putusan MK 35/PUU-X/2012. Jakarta.

Eghenter, C. 2015. Sistem Konservasi Tradisional Tana’ Ulen mampu turunkan karbon global. https://aktual.com/sistem-konservasi-tradisional-tana-ulen-mampu-turunkan-karbon-global/

Farida. 2014. https://desalongalango.wordpress.com/2014/05/30/tana-ulen-bahau-hulu/#more-8

Hamzah, Suhartijo D dan Istomo. 2015. Efektivitas Kelembagaan Lokal Dalam Pengelolaan Sumber Daya Hutan Pada Masyarakat Nagari Simanau Kabupaten Solok. Jurnal Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan.2(2): 116-127

Kaimuddin. (2008). Hutan Mangrove di desa Munte Kecamatan Bone-Bone (Kajian Base Line Kelembagaan Untuk Program Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Global ) Society Local Institute Study in Mangrove Forest Development at Desa Munte Kecamatan Bone-Bone ( Institute Base Line S. Jurnal Hutan Dan Masyarakat:001-110.

Lagawurin. J, 2018. https://ksdae.menlhk.go.id/info/3029/menguak-misteri-kuburan-batu-di-lalut-birai-tn-kayan-mentarang.html.

Magdalena. 2013. Peran Hukum Adat dalam pengelolaan dan perlindungan hutan di Desa Sesaot, Nusa Tenggara Barat dan Desa Setulang, Kalimantan Timur ( The Roles of Customary Law in Forest Management and Protection in Sesaot Village , West Nusa Tenggara and Setulang Villag. JURNAL Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 10(2), 110–121.

Mulyadi, M., & Pusat, J. 2013. Pemberdayaan Masyarakat Adat Dalam Pembangunan Kehutanan (Studi Kasus Komunitas Battang di Kota Palopo , Sulawesi Selatan) Empowerment of Indigenous People in Development (Indigenous People Case Studies in Battang Palopo City South Sulawesi). Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 10(4); 224–234.

Norsidi. 2019. Strategi Pengembangan Pengelolaan Hutan Adat Berbasis Kearifan Lokal di Desa Lubuk Beringin. Jurnal Sosial Horizon 6 (1); 38-52.

Salampessy, M. L. dan I. L. 2017. Potensi Kelembagaan Lokal Dalam Pengelolaan Daerah Aliran SungaiI (Studi Kasus di Desa Cemplang, sub Das Ciaten Hulu Timur DAS Cisadane). Jurnal Hutan Tropis, 5(2), 113–119.

Schmid, A. 1987. Property, Power, and Public Choice CHAPTER 9.

Singarimbun, M; E, Sofyan. 2006. Metode Penelitian survey. Ed. Jakarta. LP3ES.

Suardi, O. P. D. I., Darmawan, D. P., & Sarjana, I. D. G. R. 2016. Potensi dan Peran Kelembagaan Pertanian dalam Perlindungan Lahan Pertanian Pangan di Provinsi Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 4(1); 1–9.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan RD. Bandung: Alfabeta.

Zulkarnain, A., & Febrimansyah. 2008. Kearifan Lokal dan Pemanfaatan dan Pelestarian Sumberdaya Pesisir. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 69-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v8i1.14628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oktiani Perida Lenjau

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International