Karakteristik anatomi tiga jenis kayu asal Sulawesi Tengah

Muthmainnah Muthmainnah, Agus Sulistyo Budi, Asniati Asniati

Abstract


Pohon palapi, nantu dan bayur merupakan jenis pohon yang terdapat secara alami di Sulawesi Tengah dan merupakan jenis kayu yang banyak digunakan pada industri mebel di kota Palu. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah mempelajari struktur anatomi dan mutu serat tiga jenis kayu asal Sulawesi Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat struktur anatomi dari ketiga jenis kayu yang diteliti memiliki karakteristik yang berbeda. Kayu bayur mudah dibedakan dengan nantu dan palapi karena memiliki banyak kristal rhomboid pada sel parenkim aksialnya. Sedangkan palapi mudah dibedakan dari keduanya dengan adanya pori-pori yang hampir seluruhnya soliter dan termasuk kategori langka serta memiliki parenkim aksial yang sangat masif berupa agregat difus. Berdasarkan kualitas seratnya, kayu nantu termasuk kelas I, sedangkan kayu palapi dan bayur termasuk kelas II. Ketiga jenis kayu ini dapat digunakan dalam pembuatan pulp dan kertas.


Keywords


Anatomi; maserasi; dimensi serat; kualitas serat; palapi; nantu; bayur

Full Text:

PDF

References


Bowyer JL, R Shmulsky and JG Haygreen. 2003. Forest Products and Wood Science: An Introduction. Fourth Edition. Amer, Iowa, USA. Iowa State Press a Blackwell Publishing Company.

Budiarti, Syofiyani. 2017. Karakteristik Anatomi dan Sifat Fisis Kayu Terap (artocarpus sp.) dan kayu nantu (Palaqium obtusilofium) (palaquium spp.) asal kalimantan utara. Institut Pertanian Bogor (Skripsi).

Darmawan Wayan, Rahayu IS, Padlinurjaji I dan Pandit KN. 2011. Pengerjaan Kayu. Ilmu-Ilmu Peunjang dan Teknologi Proses. IPB Press. Bogor.

Haygreen JG, dan JL Bowyer. 1989. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu Diterjemahkan. oleh Sutjipto A

Hadikusumo. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Kasmudjo, 1994. Cara-Cara Penentuan Proporsi Tipe Sel dan Dimensi Sel Kayu. Yayasan Pembina Fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

[IAWA] International Anatomist Wood Association. 2008. Identifikas kayu: Ciri mikroskopik Kayu untuk Identifikasi Kayu Daun Lebar. Sulistyobudi A, Mandang YI, Damayanti R, Rulliaty S, Penerjemah. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembagan Hasil Hutan. Terjemahan dari IAWA List of Microscopik Features for Hardwood Identification.

Lempang M. 2014. Sifat dasar dan potensi kayu kegunaan kayu jabon merah. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. 3(2): 163-175.

Lempang M, Asdar M. dan Rulliaty S. 2012. Struktur anatomi, sifat fisis dan mekanis kayu kambelu (Buxus rolfie Vidal.) dan kanduruan (Phoebe cuneata Blume) asal hutan alam di Sulawesi Barat. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. 31(1): 27-35.

Mandang YI, Pandit IKN. 2002. Seri Manual Pedoman Identifikasi Kayu di Lapangan. Bogor (ID): Yayasan PROSEA Indonesia dan Pusat Diklat Pegawai dan SDM Kehutanan.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v7i2.11111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muthmainnah; Agus Sulistyo Budi, Asniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International