Dampak perhutanan sosial terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dalam mendukung kelestarian hutan di kota Tarakan

Mohammad Toha, Ake Wihadanto, Nurhasanah Nurhasanah

Abstract


Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan di Kota Tarakan yang masuk dalam program perhutanan sosial banyak yang hidup miskin, padahal di lingkungan tempat tinggalnya banyak sumberdaya hutan yang dapat dimanfaatkan untuk menopang hidup mereka. Hal ini perlu dilakukan identifikasi faktor penyebabnya dan strategi yang harus dilakukan guna meningkatkan kesejahteran mereka.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program perhutanan sosial terhadap kesejahteraan masyarakat dan menganalisis strategi prioritas pada program perhutanan sosial. Penelitian dilakukan pada program perhutanan sosial yang dilaksanakan di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Pengukuran tingkat kesejahteran dianalisis dengan menggunakan indikator BPS, analisis strategi priorotas dilakukan dengan metode SWOT, selain itu juga dilakukan analisis menggunakan AHP. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat sebesar 70,97% masuk kategori belum sejahtera dan 29,03% masuk kategori sejahtera. Hasil analisis AHP diperoleh strategi prioritas yang dapat dilakukan: 1) penguatan kapasitas kelembagaan kelompok perhutanan sosial; 2) menyusun program pengembangan usaha berasaskan kelestarian; dan 3) peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pendamping kelompok perhutanan sosial.


Keywords


Perhutanan sosial; kelestarian hutan; kesejahteraan masyarakat dan strategi

Full Text:

PDF

References


Affandi O, Kartodihardjo H, Nugroho B dan Ekawati. 2019. Analisis Kelembagaan Implementasi Perhutanan Sosial Di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Inovasi, 16 (2): 139-162.

Agusti TM, Nurjaya IN dan Imam KI. 2019. Implementasi Regulasi Perhutanan Sosial Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat Sekitar Hutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (2): 300-309.

Bungin B. 2020. Post-Qualitative Social Research Methods. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Kencana.

Dewi IN. 2018. Kemiskinan Masyarakat Sekitar Hutan Dan Program Perhutanan Sosial. Info Teknis EBONI, 15 (2): 65 – 77.

Ekawati S, Suharti S dan Anwar S. 2020. Bersama Membangun Perhutanan Sosial. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim. Bogor: IPB Press.

Hujani E, Bempah I dan Saleh Y. 2019. Peran Penyuluhan Terhadap Pelaksanaan Program Perhutanan Sosial Di Desa Bondawuna Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Agrunesia, 3 (3): 156 – 162.

Istianingsih N, Salim E dan Defit S. 2019. Strategi Sustainability UMKM Pisang Sale di Kabupaten Bungo dengan Metode SWOT dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 110 – 119.

Kirana MA, Latifah S dan Hidayati E. 2022. Strategi Penguatan Kapasitas Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Desa Giri Madia Kecamatan Lingsar, Lombok. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kehutanan Indonesia, 1(1): 1-15.

Murti H.A. 2018. Perhutanan Sosial Bagi Akses Keadilan Masyarakat Dan Pengurangan Kemiskinan. Jurnal analis Kebijakan, 2(2): 62 – 75.

Nurfatrian F dan Alviya I. 2019. Efektivitas Kebijakan Alokasi Lahan 12,7 Juta Ha Untuk Perhutanan Sosial : Studi Kasus Provinsi Nusa Tenggara Barat Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 16 (1): 47-66.

Rosmaladewi O. 2022. Pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Melalui Eduforestry Sebagai Implementasi MBKM Dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Gunung Puntang Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2 (3): 313 – 320.

Rosni. 2017. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Desa Dahari Selebar Kecamatan

Talawi Kabupaten Batubara. Jurnal Geografi, 9 (1): 53 – 66.

Rustandi AA, Harniati, Kusnadi D. 2020. Strategi Peningkatan Kapasitas Petani Dalam Komunitas Usaha Tani Jagung (Zea Mays L) Di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3):589 – 598.

Sari DK, Haryono D dan Rosanti N. 2014. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Jagung Di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, 2 (1): 64 – 70.

Siregar S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Group.

Suharti S, Ginoga KL, Murniati D. Octavia A.

Windyoningrum. 2017. Langkah strategis menuju percepatan realisasi capaian program perhutanan sosial. Policy Brief Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan, dan Perubahan Iklim.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v7i2.10302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Toha; Ake Wihadanto; Nurhasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International