Resistensi Sanggar Seni Bergulur Mapan dalam mempertahankan Rijoq di Kampung Linggang Mapan

Frans Rivaldo Kawulusan, Yofi Irvan Vivian, Zamrud Whidas Pratama

Abstract


Sanggar Seni Bergulur Mapan merupakan kelompok kesenian di Kampung Linggang Mapan yang masih mempertahankan RijoqRijoq merupakan nyanyian vokal serupa pantun dan syair yang berbahasa Dayak Tunjung dan Benuaq. Seiring waktu, penampilan Rijoq dari Sanggar Seni Bergulur Mapan mengalami penurunan, akibat populernya lagu pop daerah yang menimbulkan kesalahan persepsi pemuda-pemudi Kampung Linggang Mapan terkait Rijoq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur musik pada Rijoq dan resistensi Sanggar Seni Bergulur Mapan dalam mempertahankan Rijoq. Penelitian ini menggunakan pendekatan Musikologi dari Jean Ferris untuk menganalisis unsur musik Rijoq dan pendekatan Sosiologi dari James C. Scott untuk menganalisis resistensi dalam mempertahankan Rijoq. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dua bentuk Rijoq (jangan berpacaran dan janji dari kecil) yang memiliki unsur musik berupa tema, melodi, frase, skala, serta melismatis dan silabis. Rijoq yang masih dipertahankan melalui dua bentuk resistensi: resistensi tertutup (argumentasi dari pemerintah kampung dan adat, serta diskusi internal Sanggar Seni Bergulur Mapan) dan resistensi terbuka (pembelajaran Rijoq dan kegiatan workshop Rijoq).

Full Text:

PDF

References


Bayu, G. K., Sulistyowati, E. D., & Rijal, S. (2018). ANALISIS TUTURAN KITAB TAPAL ADAM DALAM PERNIKAHAN DI LOMBOK UTARA. Jurnal Ilmu Budaya, 2(2), 138–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v2i2.1026

Damono, S. D. (2018). Alih Wahana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Emanuel. (2023). Ritual Beliatn Sentiu Kutai Barat (C. Gunawan, Ed.). Samarinda: CV Gunawana Lestari.

Emanuel, & Rigat, Y. (2023). Tinga Tekui, Rijoq, Dongkoi, Deguq, dan Doneq Sebuah Keberagaman Seni Adat (F. Wahyuni, Ed.). Samarinda: Cerdas Gemilang.

Ferris, J. (2006). MUSIC: THE ART OF LISTENING (Seventh Edition) (M. Magaziner, Ed.). Amerika Serikat: McGraw-Hill.

Ferris, J. (2014). America ’ s Musical Landscape Anonymous (A. Lonn, Ed.). Amerika Serikat: McGraw-Hill.

Firdiyani, N. R., Bisri, M. H., Lestari, W., & Pebrianti, S. I. (2025). Fungsi tari Barongan dalam Upacara Ruwatan di Kabupaten Kudus. Seni dan Pendidikan Seni, 23(1), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v23i1.71462

Hidayatullah, R. (2024). Vokal Dasar. In Andriyanto (Ed.), Lakeisha. Jawa Tengah: Lakeisha. Diambil dari http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Nidarwan Ranboki, R., Petrus Olin, M., & Ursula Jawa Mukin, M. (2023). Penguasaan Tangga Nada Bagi Pelajar Kelas X SMAN Benlutu Melalui Latihan Bermain Pianika. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.30822/berbakti.v1i1.2212

Noviati, W., & Belajar, H. (2022). Resistensi Perempuan Dalam Film Yuni Karya Kamila Andini. Jurnal Kependidikan, 8(2), 7–13.

Prier SJ, K. E. (2014). Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Prier SJ, K. E. (2015). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Putra, R. A. (2019). Analisis Bentuk Danse Macabre Karya Saint-Saens Dalam Bentuk Puisi Simfonik.

Ratnasari, D., & Sudrajat, A. (2023). Resistensi Masyarakat Desa Gajah Terhadap Pembongkaran Punden Desa Gajah. Paradigma, 12(3), 161–170.

Rawanggalih, K. S., Vivian, Y. I., & Pratama, Z. W. (2023). Linearitas Wujud Tradisi Lisan terhadap Lagu Bedandeng Suku Kutai di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik dan Pendidikan Musik, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.30872/mebang.v3i1.54

Scoot, J. C. (1993). Perlawanan Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Scoot, J. C. (2000). Senjatanya orang-orang yang kalah (bentuk-bentuk perlawanan sehari-hari kaum tani). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Scott, C. J. (1990). Domination and the Arts of Resistance Hidden Transcripts. NEW HAVEN AND LONDON: YALE UNIVERSITY PRESS.

Susilowati, E. Z. (2018). RESISTENSI PEREMPUAN DALAM KUMPULAN CERITA TANDAK KARYA ROYYAN JULIAN (TEORI RESISTENSI-JAMES C. SCOTT). 5(2), 1–11.

Syahril, M., & Rahayu, M. (2024). RESISTENSI KULTURAL PEREMPUAN DALAM NOVEL HIKAYAT PUTI LIMAU MANIH: SINGA BETINA RIMBO HULU. Kandai, 20(1), 29–45. https://doi.org/10.26499/jk.v20i1.5835

Universitas Yale. (2024). James C. Scott passed peacefully in his home in Durham, CT on July 19, 2024. Diambil 29 Januari 2025, dari University Yale website: https://politicalscience.yale.edu/news/james-c-scott-passed-peacefully-his-home-durham-ct-july-19-2024

Vivian, Y. I. (2019). Teori Musik Barat 1 (1 ed.; A. Gunawan, Ed.). Samarinda: Mulawarman University Press.

Vivian, Y. I., Gunawan, A., & Arrazaq, F. Y. (2022). Mamanda Kutai: Karakteristik Ladon pada Lirik dan Musik Karya Mamanda Panji Berseri. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik dan Pendidikan Musik, 2(1), 19–48. https://doi.org/10.30872/mebang.v2i1.22




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v9i3.23003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Frans Rivaldo Kawulusan

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License