Faktor Pemerolehan Bahasa Pada Kenneth Kalkulus dalam Akun TikTok @Imchika21: Kajian Psikolinguistik

Kayla Safitri, Anwar Ibrahim Triyoga

Abstract


Pemerolehan bahasa pada anak terjadi secara alamiah. Seiring dengan pertambahan usia, kematangan alat ucap, kondisi organ pendengaran, serta tidak ada masalah pada sistem neuromuscular, maka seorang anak akan mampu memproduksi bahasa. Seorang anak bernama Kenneth telah mampu melafalkan dan membedakan rumus bangun ruang, di usianya yang belum genap dua tahun. Selain itu, dia juga dapat membedakan fungsi organ dalam manusia seperti jantung, paru-paru, dan ginjal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pemerolehan bahasa pada Kenneth Kalkulus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan Kenneth Kalkulus dari video-video yang diunggah oleh TikTok @imchika21, sepanjang tahun 2023 dengan penonton mencapai angka jutaan. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan berupa SBLC dan teknik catat. Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan menggunakan teknik dasar BUL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Kenneth Kalkulus dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga dan faktor perkembangan otak dan kecerdasan.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Jauhar, M. (2015). Dasar-dasar psikolinguistik. Prestasi Pustaka.

Aritonang, D. R., Nisma, S., & Parapat, L. H. (2022). Hubungan psikolinguistik terhadap pemerolehan dan pembelajaran bahasa anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 64-70.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik kajian teoritik . PT. Rineka Cipta.

Daniswara Parahita, A., Abdullah Harras, K., & Nurhadi, J. (2022). Studi kasus bahasa lisan anak terlambat bicara: kajian psikolinguistik. In Jurnal Pesona (Vol. 8, Issue 1).

Dardjowidjojo, S. (2016). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Khoirunnisa, I., Diniyah, T., & Noviyanti, S. (2023). Hakikat pemerolehan bahasa dan faktor pendukung pemerolehan bahasa anak. Journal of Social Science Research, 4353–4363.

Krisnana, I., Rachmawati, P. D., & Sholihah, M. (2016). Peran asah (3a) pengasuh dengan perkembangan bahasa anak usia toddler di taman penitipan anak. Jurnal Ners, 11(2), 240–245. https://doi.org/10.20473/jn.v11i2.2662

Balqis, I. L., Noviyanti, S., & Cindy, C. (2024). Hakikat pemerolehan bahasa dan faktor-faktor pendukung pemerolehan bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2247-2253.

Maftuhah, A. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa lisan pada anak usia dini melalui metode show and tell di tk pertiwi 01 cingebul semester i tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Khilda Mulia Setiawati, Redi Rudiana, & Sri Wahyuni R. (2024). Perbedaan kemampuan bahasa anak laki-laki dan perempuan: Perspektif psikolinguistik. JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(4), 582–586. 

Ryoe, P. J. (2019). Pemerolehan bahasa kedua (bahasa Indonesia) pada anak usia 2 tahun. KSATRA: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, Vol. 1, No. 1, 15–28.

Rahmawati, K. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 227–236.

Sari, D. N., Wijayanti (2013). Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang perkembangan janin dengan stimulasi kecerdasan janin dalam kandungan di bpm sri lumintusurakarta. Jurnal Kebidanan, 5(2). https://doi.org/10.35872/jurkeb.v5i2.119

Siregar, M. G. M., Telaumbanua, S., & Sari, S. (2024). Tahap perkembangan pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini berdasarkan perspektif psikolinguistik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 20(2), 327–340. https://doi.org/10.25134/fon.v20i2.10301

Subyantoro. (2020). Teori pemerolehan bahasa: pengantar memahami pemerolehan bahasa anak. CV. MAHATA.

Tarigan, H. G. (2021). Psikolinguistik. Angkasa.

Widyana, E. D., Tarkisah, & Krisna, N. P. A. (2019). Pengasuhan oleh ibu menurunkan resiko gangguan perkembangan bahasa pada anak usia 1 tahun. Malang Journal of Midwifery. 1(1), 10-16. https://doi.org/10.31290/majory.v1i1

Yuliasari, Hidayah, N., & Mahliatussikah, H. (2024). Pemerolehan bahasa ibu dalam perspektif psikolinguistik: Proses, faktor, dan implikasi. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 2(2), 327-343. https://doi.org/10.59638/isolek.v2i2.408




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v9i4.21818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kayla Safitri, Anwar Ibrahim Triyoga

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License