Faktor Pemerolehan Bahasa Pada Kenneth Kalkulus dalam Akun TikTok @Imchika21: Kajian Psikolinguistik
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A., & Jauhar, M. (2015). Dasar-dasar psikolinguistik. Prestasi Pustaka.
Aritonang, D. R., Nisma, S., & Parapat, L. H. (2022). Hubungan psikolinguistik terhadap pemerolehan dan pembelajaran bahasa anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 64-70.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik kajian teoritik . PT. Rineka Cipta.
Daniswara Parahita, A., Abdullah Harras, K., & Nurhadi, J. (2022). Studi kasus bahasa lisan anak terlambat bicara: kajian psikolinguistik. In Jurnal Pesona (Vol. 8, Issue 1).
Dardjowidjojo, S. (2016). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Khoirunnisa, I., Diniyah, T., & Noviyanti, S. (2023). Hakikat pemerolehan bahasa dan faktor pendukung pemerolehan bahasa anak. Journal of Social Science Research, 4353–4363.
Krisnana, I., Rachmawati, P. D., & Sholihah, M. (2016). Peran asah (3a) pengasuh dengan perkembangan bahasa anak usia toddler di taman penitipan anak. Jurnal Ners, 11(2), 240–245. https://doi.org/10.20473/jn.v11i2.2662
Balqis, I. L., Noviyanti, S., & Cindy, C. (2024). Hakikat pemerolehan bahasa dan faktor-faktor pendukung pemerolehan bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2247-2253.
Maftuhah, A. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa lisan pada anak usia dini melalui metode show and tell di tk pertiwi 01 cingebul semester i tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Khilda Mulia Setiawati, Redi Rudiana, & Sri Wahyuni R. (2024). Perbedaan kemampuan bahasa anak laki-laki dan perempuan: Perspektif psikolinguistik. JUPENSAL : Jurnal Pendidikan Universal, 1(4), 582–586.
Ryoe, P. J. (2019). Pemerolehan bahasa kedua (bahasa Indonesia) pada anak usia 2 tahun. KSATRA: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, Vol. 1, No. 1, 15–28.
Rahmawati, K. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 227–236.
Sari, D. N., Wijayanti (2013). Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang perkembangan janin dengan stimulasi kecerdasan janin dalam kandungan di bpm sri lumintusurakarta. Jurnal Kebidanan, 5(2). https://doi.org/10.35872/jurkeb.v5i2.119
Siregar, M. G. M., Telaumbanua, S., & Sari, S. (2024). Tahap perkembangan pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini berdasarkan perspektif psikolinguistik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 20(2), 327–340. https://doi.org/10.25134/fon.v20i2.10301
Subyantoro. (2020). Teori pemerolehan bahasa: pengantar memahami pemerolehan bahasa anak. CV. MAHATA.
Tarigan, H. G. (2021). Psikolinguistik. Angkasa.
Widyana, E. D., Tarkisah, & Krisna, N. P. A. (2019). Pengasuhan oleh ibu menurunkan resiko gangguan perkembangan bahasa pada anak usia 1 tahun. Malang Journal of Midwifery. 1(1), 10-16. https://doi.org/10.31290/majory.v1i1
Yuliasari, Hidayah, N., & Mahliatussikah, H. (2024). Pemerolehan bahasa ibu dalam perspektif psikolinguistik: Proses, faktor, dan implikasi. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 2(2), 327-343. https://doi.org/10.59638/isolek.v2i2.408
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v9i4.21818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kayla Safitri, Anwar Ibrahim Triyoga
Editorial address:
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB
Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





