Strategi Promosi UPTD Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan

Adam Aruanda

Abstract


Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan timur merupakan objek wisata budaya yang bermuatan ilmu pengetahuan, sejarah budaya kerajaan Kutai Kartanegara dan Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mengidentifikasi bagaimana strategi promosi UPTD Provinsi Kalimantan Timur dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung di Wisata Museum Mulawarman. Penelitian ini juga mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung strategi promosi tersebut. Prosedur penelitian yang dipakai yaitu kualitatif yang dimana jenis penelitian melalui interview dan observasi langsung dengan key informan serta informan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan advertising sudah dilakukan menggunakan media sosial Instagram dan Youtube. Sales promotion sudah dilakukan menggunakan pameran temporer dan museum goes to mall. Personal selling belum dilakukan sedangkan public relation sudah dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan sebagai penyebarluasan informasi.


Keywords


Strategi; Promosi; Minat berkunjung

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., Evadianti, Y., & Asniar, I. (2021). Public Relations. Ikatan Guru Indonesia.

Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam pembelajaran sejarah. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 10–20.

Atzeni, M., Del Chiappa, G., & Mei Pung, J. (2022). Enhancing visit intention in heritage tourism: The role of object‐based and existential authenticity in non‐immersive virtual reality heritage experiences. International Journal of Tourism Research, 24(2), 240–255.

Bharata, W., Wardhani, D. P., Ferdinand, E., & Pingki, P. (2023). Virtual Reality Experience In Indonesian Tourism. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 9(2), 334.

Carvalho, P., Marquez, M. A., & Diaz-Mendez, M. (2018). Policies to increase business tourism income: A dynamic panel data model. Journal of Convention & Event Tourism, 19(1), 63–82.

Karim, R., Latip, N. A., Marzuki, A., Haider, S., Nelofar, M., & Muhammad, F. (2021). The impact of 4ps marketing mix in tourism development in the mountain areas: A case study. International Journal of Economics & Business Administration (IJEBA), 9(2), 231–245.

Kurniawati, A., & Ariyani, N. (2022). Strategi promosi penjualan pada marketplace shopee. Propaganda, 2(1), 65–79.

Lee, H., & Cho, C.-H. (2020). Digital advertising: present and future prospects. International Journal of Advertising, 39(3), 332–341.

Lesmono, G. H. (2021). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Pantai Alam Indah Kota Tegal. STP AMPTA Yogyakarta.

Margono, B. (2021). Kajian Kelayakan Destinasi Wisata Untuk Mewujudkan Pariwisata Kelas Dunia (Studi pada Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat). VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 13(1), 13–21.

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas penggunaan media sosial sebagai media promosi wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.

Quesenberry, K. A. (2020). Social media strategy: Marketing, advertising, and public relations in the consumer revolution. Rowman & Littlefield Publishers.

Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 125–136.

Rahman, M., Islam, M. S., Al Amin, M., Sultana, R., & Talukder, M. I. (2019). Effective factors of service marketing mix on tourist satisfaction: A case study. Asian Social Science, 15(7).

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sanjaya, A., Fourqoniah, F., & Althalets, F. (2020). Optimalisasi Kesiapan Desa Kersik Menuju Desa Wisata Pascapandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(2), 63.

Shasha, Z. T., Geng, Y., Sun, H., Musakwa, W., & Sun, L. (2020). Past, current, and future perspectives on eco-tourism: A bibliometric review between 2001 and 2018. Environmental Science and Pollution Research, 27, 23514–23528.

Stojkanovic, D. (2022). The importance of introducing modern innovations in economic propaganda and promotion. Yearbook-Faculty of Tourism and Business Logistics, 2(1), 46–56.

Streimikiene, D., Svagzdiene, B., Jasinskas, E., & Simanavicius, A. (2021). Sustainable tourism development and competitiveness: The systematic literature review. Sustainable Development, 29(1), 259–271.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i2.9992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.