Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Taman Borneo Kota Samarinda

Nelvie Nilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan daya tarik wisata yang dilakukan oleh Taman Borneo serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan daya tarik wisata Taman Borneo. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dengan komponen pariwisata 4A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ansilari. Diketahui bahwa pihak pengelola akan melakukan perbaikan terlebih dahulu pada beberapa atraksi wisata yang mengalami kerusakan dan sedang berupaya untuk merealisasikan pembangunan waterboom serta menambahkan satwa-satwa sehingga lebih variatif, lalu aksesibilitas terkait lokasi mudah untuk ditemukan sebab telah tersedianya petunjuk arah akan tetapi kondisi lalu lintas di kawasan tersebut cukup mengkhawatirkan pengunjung sebab banyaknya truk bermuatan besar yang melintas sehingga dibutuhkannya juru parkir yang dapat membantu penyebrangan. Amenitas pada Taman Borneo pun terbilang masih kurang memadai sebab pos informasi dan penerapan protokol kesehatan masih belum tersedia atau diterapkan, anilari yang merupakan bentuk dukungan dari organisasi/kelembagaan pariwisata juga terbilang cukup mendorong dalam hal pengembangan Taman Borneo adanya dari pihak Dinas Pariwisata dan Asosiasi PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia).

Keywords


Strategi, Pengembangan, Pariwisata, 4A.

Full Text:

PDF

References


Aprilicia, N. N., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Attraction, Accessibility And Service Terhadap Interest To Visit Dan Dampaknya Terhadap Visiting Decision Pada Mall Plaza Mulia Samarinda. Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 4(2), 341–366.

Diwangkara, N. K., Sari, S. R., & Rukayah, R. S. (2020). Pengembangan Pariwisata Kawasan Baturraden. Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(2), 120–128.

Herdiana, D. (2019). Peran masyarakat dalam pengembangan desa wisata berbasis masyarakat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 6(1), 63–86.

Khotimah, K., Wilopo, W., & DAN HAKIM, L. (2017). Strategi pengembangan destinasi pariwisata budaya (Studi kasus pada kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto).

Kusuma, C. S. D. (2019). MICE-Masa depan bisnis pariwisata Indonesia. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 52–62.

Lodita, I. G. A., Sutarya, I. G., & Ananda, I. N. (2019). Strategi Pengembangan Rejeng Bali Camp untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di

Kintamani. PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA, 4(2), 30–38.

Nabila, A. D., & Widiyastuti, D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten. Jurnal Bumi Indonesia, 7(3).

Pantiyasa, I. W. (2020). Evaluasi Pengelolaan Desa Wisata Kaba-Kaba, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 10(2), 109–129.

Priatna, D. K., Indriyani, D., & Roswinna, W. (2020). Effect of Work Compensation and Motivation towards Productivity of Workers (A Survey in Pt. Necis Indah Cemerlang Bandung). Dinasti International Journal of Management Science, 1(4), 563–577.

Revida, E., Gaspersz, S., Uktolseja, L. J., Nasrullah, N., Warella, S. Y., Nurmiati, N., Alwi, M. H., Simarmata, H. M. P., Manurung, T., & Purba, R. A. (2020). Pengantar Pariwisata. Yayasan kita menulis.

Richards, G. (2020). Designing creative places: The role of creative tourism. Annals of Tourism Research, 85, 102922.

Rukin, S. P. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.

Sambiran, S., & Rondonuwu, A. (2017). Strategi Pemerintah Daerah dalam Mengembangkan Objek Wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Eksekutif, 2(2).

Sanjaya, A., Fourqoniah, F., & Althalets, F. (2020). Optimalisasi Kesiapan Desa Kersik Menuju Desa Wisata Pascapandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(2), 63.

Saran, I., Winn, L., Kirui, J. K., Menya, D., & O’Meara, W. P. (2020). The relative importance of material and non-material incentives for community health workers: evidence from a discrete choice experiment in Western Kenya. Social Science & Medicine, 246, 112726.

Siahaan, S., Mizwar, F., & Wulandari, R. S. (2022). Penilaian Potensi Objek Wisata Air Terjun Saray Brunyau Desa Riam Piyang Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Belantara, 5(1), 96–105.

Siregar, L. P., Hetami, A. A., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Fleksibilitas Driver Gojek Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Gojek Indonesia Cabang Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS), 1(1), 18. https://doi.org/10.35194/jubis.v1i1.1518

Soeswoyo, D. M. (2021). Potensi Pariwisata Dan Strategi Pengembangan Desa Wisata Sukajadi di Kabupaten Bogor. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 2(1), 13–26.

Subianto. (2016). Pengaruh Gaji dan Sistem Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT Serba Mulia Auto di Kabupaten Kutai Barat. EJournal Administrasi Bisnis, 4(3).

Susanto, D. R., & Kiswantoro, A. (2020). Strategi Pengelolaan Wisata Susur Sungai Mahakam Berbasis Ekowisata Di Samarinda. Journal of Tourism and Economic, 3(1), 1–10.

Wisnawa, I. M. B., Par, A., MM, M. P., Kartimin, I. W., Hartini, N. M., & SE, M. M. (2022). Brand dan E-marketing pariwisata. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i2.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.