Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pemandian Serayu Lestari Kota Samarinda

Vichi Veriansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Pemandian Serayu Lestari Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis deskriptif kualitatif. Strategi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sangat penting perannya dalam menunjang pertumbuhan perusahaan dan mencapai target pendapatan, berupa strategi produk berupa dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas dan spot-spot yang ada serta meningkatkan pelayanan kepada pengunjung. Strategi harga yang dapat dilakukan adalah dengan membuat program bundling harga tiket masuk dan fasilitas berbayar lainnya sehingga pengunjung yang datang tidak hanya menikmati fasilitas pemandian saja namun juga fasilitas berbayar lainnya dengan persepsi harga yang lebih murah, dimana hal ini tentu dapat meningkatkan pendapatan. Salah satu upaya terkait strategi lokasi yang bisa dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan Pemerintah, misalnya dengan penyediaan moda transportasi seperti bus, maupun bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Strategi promosi dengan memaksimalkan penggunaan media sosial, baik dengan menggunakan fitur adsense, review oleh pada trip advisor maupun dengan mengunggah berbagai fasilitas dan keunikan yang dimiliki di media sosial sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Keywords


Strategi Pemasaran; Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Alfira, A., Bharata, W., & Sanjaya, A. (2021). Media Sosial Marketing pada Instagram Shopee Indonesia dan Pengaruhnya terhadap Customer Engagement serta Brand Image. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2), 95–104.

Ali, F. H. (2022). Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(4), 313–319.

Aprilicia, N. N., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Attraction, Accessibility And Service Terhadap Interest To Visit Dan Dampaknya Terhadap Visiting Decision Pada Mall Plaza Mulia Samarinda. Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 4(2), 341–366.

Deni, M., & Winarni, S. (2017). Pengaruh pramuwisata dan promosi terhadap kunjungan wisatawan kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 39–48.

Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian motor yamaha mio pada PT. hasjrat abadi tobelo. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 9(1), 128–136.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Kaharudin, M. R., & Saputra, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 143–162.

Kusuma, A. F. K. (2015). Nilai-Nilai Modal Sosial yang Terkandung dalam Perkembangan Pariwisata (Studi Kota Solo). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 22(1).

Lutfita, A. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Hanacaraka Coffee Sidoarjo Di Masa Pandemi Covid-19. UPN’Veteran’Jawa Timur.

Mahfud, M. H. (2020). Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis swot. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113–125.

Mudrikah, A. (2014). Kontribusi sektor pariwisata terhadap GDP Indonesia tahun 2004-2009. Economics Development Analysis Journal, 3(2).

Narendra, A. N., Habsari, S. K., & Ardianto, D. T. (2019). Kepemilikan Serta Pembentukan Modal Sosial Oleh Wisatawan Dalam Memilih House Of Sampoerna Sebagai Daya Tarik Wisata. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(1), 67–80.

Nusantara, M. T. A. S. (2022). Peran Media Sosial Instagram Dinas Pariwisata Kota Samarinda Sebagai Media Promosi Pariwisata Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(1), 38–49.

Paksi, A. K., Badruzaman, I., Ilham, M., & Iswari, R. D. (2022). PENGEMBANGAN WISATA SENDANG PENGILON DI DESA HARGOMULYO, KOKAP, KULON PROGO. Abdimas Galuh, 4(2), 779–788.

Pingki, P., & Bharata, W. (2023). Analysis of User Satisfaction Virtual Reality Tourism Kemenparekraf Using the End User Computing Satisfaction Method. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 16(1), 127–138.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, edisi keempat. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.