Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks

Prayogo Dwi Setyo Utomo

Abstract


Persaingan bisnis yang ketat saat ini membuat pengusaha di bidang kuliner juga harus memiliki strategi yang efektif. Setiap Coffe Shop mempunyai cara tersendiri dalam upaya meningkatkan dan memberi kepuasan terhadap konsumen. Kepuasan konsumen dianggap hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan dimana konsumen menuntut pelayanan yang baik untuk diberikan kepada konsumen agar tidak ditinggalkan oleh para pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Fokus penelitian ini yaitu pada Analisa Pelayanan Barista Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Coffe Shop Starbucks Jalan S. Parman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang dimulai dari analisis berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data diperoleh baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan jasa yang diterapkan di Starbucks S Parman masih ada yang belum optimal dengan dimensi pelayanan yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan yang sudah diterapkan adalah Tangibles (bukti fisik). Hasil dari Analisis data SWOT yaitu SO > WT artinya kekuatan dan peluang melebihi Kelemahan dan Tantangan dan bisnis berpotensi berkembang. Saran untuk manager store bisa memperbaiki dan meminimalisir kelemahan-kelemahan serta mengantisipasi berbagai ancaman, kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang.


Keywords


Pelayanan; Kepuasan; Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 3(2), 10.

Arsim, A. (2017). Pengaruh Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 236–245.

Dewi, D. M., & Wahdi, A. (2020). Bisnis dan Perencanaan Bisnis Baru “3PNR Dayak Onion Cookies” Kue Kering Berbasis Bawang Dayak: Tanaman Obat Endemik Kalimantan. Deepublish.

Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 36–56.

Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan kepuasan pelanggan pada rumah sakit swasta di kota denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(2), 135–142.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.

Nugroho, K. (2016). Model Analisis Prediksi Menggunakan Metode Fuzzy Time Series. Jurnal Ilmiah Infokam, 12(1).

Prasetya, Y., Ferdiansyah, M., & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 21 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 89–95.

Reza, M., & Khasanah, I. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kawasaki Ninja 250. Indicators : Journal of Economic and Business, 3(2), 143–150. https://doi.org/10.47729/indicators.v3i2.102

Sa’adah, L. (2020). Kualitas layanan, harga, citra merk serta pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Sultan, R., & Hasbi, I. (2018). Analisis Bisnis Model Kanvas pada Kadatuan Koffie Bandung. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 116–123.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.