Strategi Pengelolaan Ekowisata Tulung Ni Lenggo Oleh Kelompok Sadar Wisata Kecamatan Batu Putih Di Kabupaten Berau

Aditya Ihza Yudistyra

Abstract


Kelompok sadar wisata Danau Tulung Ni Lenggo dibentuk oleh masyarakat Kampung Tembudan sebagai penggerak di bidang kepariwisataan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan ekowisata Tulung ni Lenggo oleh kelompok sadar wisata dan untuk menemukan faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan dan metode studi kasus, dengan fokus penelitian dari indikator yang diteliti, yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Hospitality yang berdasar pada konsep pembangunan berkelanjutan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi Pengelolaan Ekowisata Tulung ni Lenggo yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Kecamatan Batu putih Kabupaten Berau sudah cukup baik bisa dilihat dengan kondisi real di ekowisata Tulung ni Lenggo sudah ada beberapa aspek yang terkelola dengan baik tapi ada beberapa fasilitas penunjang yang tidak terkelola bahkan belum terealisasikan. Strategi pengelolaan yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata Kampung Tembudan yang menjadi faktor penghambat adalah minimnya sumber daya manusia yang profesional pada bidangnya dan akses yang kurang memadai. Faktor pendukungnya adalah banyaknya dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau berupa fasilitas dan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang pariwisata, besarnya partisipasi masyarakat yang berperan aktif, dan dukungan dari beberapa tokoh masyarakat di Kecamatan Batu Putih untuk meningkatkan partisipasi dan antusias dalam Kelompok Sadar Wisata.

 


Keywords


Strategi Pengelolaan; Pembangunan Berkelanjutan; Kelompok Sadar Wisata; Ekowisata

Full Text:

PDF

References


Ali, M. N. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Mengembangkan Kepariwisataan Desa Kersik Menuju Desa Wisata Di Kecamatan Marang Kayu. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3), 246–255.

Banjarnahor, A. R., Simanjuntak, M., Revida, E., Purba, S., Purba, B., Simarmata, J., Nasrullah, N., Murdana, I. M., Sudarmanto, E., & Harizahayu, H. (2021). Strategi Bisnis Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.

Choirunnisa, I. C., & Karmilah, M. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89–109.

Dadi, D. (2022). Ekonomi dan Ekologi: Dampak terhadap Pembangunan Ekowisata. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 137–153.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23.

Mandasari, N. F., & Shaleh, M. (2022). Edukasi Pemasaran dan Pengelolaan Manajemen Usaha Pariwisata di Kabupaten Majene. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 253–261.

Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). GUEPEDIA.

Raharjo, T. W. (2019). Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Dan Pendapatan Industri. Jakad Media Publishing.

Ramadhan, N. (2016). Pengembangan Atraksi Pada Objek Wisata Danau Bandar Khayangan Lembah Sari, Pekanbaru. Sekolah Tinggi Pariwisata.

Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh aksesibilitas, amenitas, dan atraksi wisata terhadap minat kunjungan wisatawan ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2).

Wahdiniwaty, R. (2013). Aksesibilitas wisata pada kota metropolitan di negara berkembang (suatu survey di wilayah Bandung Raya). Majalah Ilmiah UNIKOM.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.