Strategi Promosi Wisata Buatan Istana Bunga Jembayan Di Kalimantan Timur

Desty Firnanda Dewi

Abstract


Kegiatan promosi yang efektif merupakan hal yang sangat esensial dalam pengembangan sebuah daya tarik wisata di suatu tempat. Strategi promosi merupakan salah satu alat pemasaran yang dapat digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan meningkatkan calon wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa serta mengidentifikasi sejauh mana strategi promosi yang ada di daya tarik wisata Istana Bunga Jembayan di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data wawancara dan data observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Istana Bunga Jembayan memiliki 4 strategi promosi yang telah diterapkan yaitu advertising, sales promotion, public relation, dan direct marketing. Promosi yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan yaitu periklanan melalui media sosial, karena medianya sangat mudah diakses masyarakat luas.


Keywords


Strategi; Promosi

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.

Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). EProceedings of Management, 3(2).

Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian motor yamaha mio pada PT. hasjrat abadi tobelo. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 9(1), 128–136.

Haq, A. (2014). Perencanaan strategis dalam perspektif organisasi. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 14(2).

Husen, A. (2019). Eksistensi Peraturan Presiden Dalam Sistem Peraturan Perundang-Undangan. Lex Scientia Law Review, 3(1), 69–78.

Ilman, A. H., & Cita, F. P. (2019). Strategi Pengembangan Sektor Ekowista di Kabupaten Sumbawa: Studi Kasus di Desa Ekowisata Batudulang Kecamatan Batulanteh. Nusantara Journal of Economics, 1(01), 28–37.

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1).

Nasution, I. A. (2019). Peranan Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza. Warta Dharmawangsa, 13(3).

Prasetiyono, E., Nirmala, K., Supriyono, E., & Hastuti, Y. P. (2022). Analysis of environmental quality, production performance and economic feasibility of Anadara granosa cultivation in Sukal, Bangka Belitung Province. Aquaculture, Aquarium, Conservation & Legislation, 15(6), 2881–2891.

Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit, P. C. S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi peningkatan kinerja sektor pariwisata Indonesia pada Asean economic community. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 163–176.

Salsabila, M. P. (2023). IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI PADA UD. PRATAMA GROUP. Universitas Muhammadiyah Malang.

Setyaningrum, A., & Rohmiyati, Y. (2017). Literasi Informasi Pustakawan dalam Pengembangan Koleksi Mini Galeri di Arpusda Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 441–450.

Silvia, I., Perwirawati, E., Kom, M. I., Simbolon, B. R., & Sos, S. (2021). Manajemen media massa. Scopindo Media Pustaka.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon kebijakan: Mitigasi dampak wabah Covid-19 pada sektor pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206.

Syahkuan, J., Ni’mah, S., Absor, S. M. U., Azis, M. A., Bakri, A. A., & Napitupulu, R. H. M. (2022). Manajemen Strategik Dalam Organisasi. Penerbit NEM.

Tasruddin, R. (2015). Strategi promosi periklanan yang efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).

Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Promosi dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung ke Hutan Adat Ammatoa Kajang Kabupaten Bulukumba dengan Pandemi covid-19 sebagai Variabel Moderasi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i1.9839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.