Pengaruh Jingle Dan Tagline Iklan Terhadap Pembentukan Brand Awareness (Studi Pada Jingle “Shopee Shark Challenge” Dan Tagline “Gratis Ongkir Se-Indonesia” Di Televisi Terhadap Masyarakat Di Kota Samarinda)

Chronicle Hizkia E.P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jingle dan tagline terhadap brand awareness Shopee di Kota Samarinda. Jingle (X1) dan Tagline (X2) digunakan sebagai variabel independen sedangkan brand awareness (Y) menjadi variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu 100 orang responden di Kota Samarinda yang pernah melihat iklan Shopee yang berjudul “Shopee Shark Challenge”. Teknik penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden secara daring. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jingle dan tagline secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness Shopee. Secara parsial juga variabel jingle dan tagline berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness Shopee. Dan yang menjadi variabel dominan dalam mempengaruhi brand awareness adalah tagline.


Keywords


Pemasaran; Jingle; Tagline; Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Andriana, A. N., & Bharata, W. (2021). Hubungan Emosi Negatif , Pemulihan Kepuasan , dan Kepercayaan pada Konsumen Shopee Indonesia. JBME, 6(2).

Arief, A. S., Purba, S., Butarbutar, M., Hasyim, H., Simarmata, H. M. P., Purba, B., Muliatie, Y. E., Shabrina, N., Sudarso, A., & Gandasari, D. (2021). Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Astria, N. (2019). Essay Kajian Kronologis Dan Dampak Penggunaan Dan Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi, 13(1), 1–10.

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 11(1), 13–25.

Prawitasari, N. Y., SH, M. H., Haryani, N., & Rohmat, R. A. (2022). Penyalahgunaan Yang Sering Terjadi Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik. JURNAL HUKUM PELITA, 3(1), 45–61.

Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). PERKEMBANGAN DAN DAMPAK FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DI MASYARAKAT. KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 11(1), 80–91.

Ramadhan, A. N., & Muhyadi, M. (2021). TUNTUTAN PROFESIONALISME BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 5(1), 29–38.

Rofi, N. (2022). ANALISIS MANAJEMEN RESIKO OPERASIONAL PENGGUNA APLIKASI E-WALLET “DANA” DENGAN IMPLEMENTASI PCI DSS. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1786–1794.

Savitri, I., Trihapsari, C. M., & Cahyati, M. E. (2022). The Role of Cyber Public Relations In Health Campaign In Pandemic Times. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 18–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i4.9033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.