Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya

Faikatul Himma Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan destinasi wisata Rumah Ulin Arya dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam mempromosikan destinasi Rumah Ulin Arya. Ulin Arya. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menghasilkan data dari informan kunci, informan dan wisatawan. Fokus penelitian menggunakan teori pitana dan gayatri yaitu motivator, fasilitator, dinamisator. Hasil penelitian ini adalah peran dinas sebagai motivator peran dinas sebagai motivator dinilai masih belum maksimal karena adanya wabah Covid-19 yang menyebabkan tertundanya kegiatan yang telah direncanakan oleh dinas. Untuk memajukan tempat wisata di Samarinda termasuk Destinasi Wisata Rumah Ulin Arya diperlukan kerjasama dari pihak pengelola dan juga dari pemerintah terkait yaitu Dinas Pariwisata Kota Samarinda


Keywords


Peran Dinas; Destinasi Wisata

Full Text:

PDF

References


aha Walu, K. J., & Bagus, N. (2019). Analisis Peran Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata Kota Batu. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 10–16.

ATRIRETNANINGDYAH, J. R. (2019). STRATEGI PENGELOLAAN DESTINASI PARIWISATA DI KOTA PADANG. UNIVERSITAS ANDALAS.

Del Rosa, Y. (2019). Pariwisata Sebagai Sektor Unggulan Provinsi Sumatera Barat (Pendekatan Analisis Location Quotient). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 208–217.

Delanova, M. (2019). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Bandung Oleh Pemerintah Kota Bandung Dalam Mengantisipasi Implementasi Asean Free Trade Area dan Asean Economic Community. Jurnal Dinamika Global, 4(01), 66–122.

Fahlevi, R. (2018). Strategi Promosi Dinas Pariwisata dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Hutan Mangrove BSD Kota Bontang. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), 244–257.

Gayatri, P. D., & Pitana, I. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Andi, Yogyakarta.

Sari, D. P. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam Peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor? Barista: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 5(1), 12–22.

Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan Di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2).

Suprobowati, D., Sugiharto, M., & Miskan, M. (2022). Strategi Pengembangan Desa Wisata Kreatif Berbasis Masyarakat Kearifan Lokal Hendrosari Gresik. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(1), 53–68.

Taslim, M. (2021). PERAN PROMOSI DAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DI MUSEUM MONPERA. JURNAL PARIWISATA DARUSSALAM, 1(1), 36–42.

Yunita, L. D., & Handayani, T. (2018). Strategi Bauran Promosi Penyelenggaraan Event (Studi Kasus Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Pasar Murah). Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 14–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i4.8987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.