Strategi Bauran Promosi Erstor3prt dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi Covid-19

Angelica Ryda Ayustien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran promosi yang diimplementakan oleh Erstor3prt selama pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui bagian strategi bauran promosi yang diterapkan dapat meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dan didukung oleh data sekunder yaitu data keuangan, buku, dan e-journal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian kualitatif adalah Erstor3prt mengimplementasikan Strategi Bauran Promosi dengan menggunakan delapan Bauran Promosi yaitu Strategi periklanan yang dilakukan adalah menggunakan iklan berbayar pada Instagram ads, Strategi Promosi Penjualan menggunakan strategi diskon kuantitas, diskon berperiode, buy one get one, dan potongan harga dalam bentuk persen. Acara dan pengalaman tidak dilakukan dikarenakan peraturan pemerintah pembatasan sosial berskala besar selama pandemi Covid-19, Strategi Hubungan Masyarakat dan Publisitas dengan menggunakan fitur cerita Instagram yaitu fitur Quiz, fitur Question Box (kotak pertanyaan), fitur Polling, Strategi Pemasaran Daring dengan menggunakan fitur Instagram yaitu fitur Reels, fitur Feeds, fitur Cerita, dan fitur IGTV, Strategi Pemasaran Selular dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, Strategi Penjualan Perorangan dengan memahami tiap-tiap konsumen secara online dan face-to-face, dan tidak menggunakan Pemasaran Langsung.

Keywords


Pemasaran; Bauran Promosi; Penjualan; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Fadilah, A., Igo, I., Liza, A., Safira, F., Setyani, A., & Imam, B. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.

Hetami, A. A., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Online Privacy Concern Terhadap Knowledge Hiding dan Dampaknya Pada Online Collaborative Learning di Fisip Universitas Mulawarman. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(2), 1–7.

Implikasi, C.-, & Usaha, B. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20(April).

Kemenkop UKM Temukan 37.000 Pelaku UMKM Terdampak Corona. (2020). News.Id.

Khoiri Abdi, M., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Philip Kotler-Principles of Marketing. New Jersey, USA: Prentice Hall Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

Nadia, A., Saputri, J., Apriani, V., & Sudrajat, A. (2021). Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 16(2), 409–418.

Prasetyo Nugroho, B., & Samatan, N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Toko @Xstyle.id pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.595

Ramadhani, A. R., Fourqoniah, F., & Andriana, A. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Wirausahawan dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2016-2018). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5 (1), 38. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 38–50.

Saputra, Y. E., Prahasanti, K., Laitupa, A. A., & Irawati, D. N. (2021). Gambaran Faktor Risiko Lanjut Usia Terhadap Kematian Pasien COVID-19. Jurnal Pandu Husada, 2(2), 114. https://doi.org/10.30596/jph.v2i2.6402

Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 50–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.178

Sumadi, S. (2020). Menakar Dampak Fenomena Pandemi Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1, 145. https://doi.org/10.30595/jhes.v0i1.8761

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., & Nelwan, E. J. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Sutrisno, E. (2020). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM Dan Pariwisata. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 09(November), 87–96.

Swastha, B. (n.d.). Irawan. 2002, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke 2. Yogyakarta. Liberty.

Tantangan, P. C.-, Dan, E., Bengkulu, I., & Indonesia, C.-. (2020). Yenti Sumarni. 2.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia [The Impact of Covid-19 on MSMEs in Indonesia]. Jurnal Brand, 2(1), 148–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.