Strategi Promosi Universitas Swasta melalui Instagram Pengamatan terhadap Akun Instagram Resmi 6 Universitas Swasta Unggulan di Jawa Timur

Yohanes Adven Sarbani, Indriana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi enam perguruan tinggi swasta terkemuka di Jawa Timur, Indonesia. Ada enam perguruan tinggi swasta yang mendapat apresiasi sebagai perguruan tinggi unggulan oleh LLDIKTI wilayah 7 (Jawa Timur) pada tahun 2021, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Surabaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dan Universitas Islam Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi studi literatur dan observasi langsung pada akun Instagram keenam universitas tersebut. Penulis mengamati postingan dan Reel Instagram selama 4 bulan, dari bulan April hingga Juli. Strategi memastikan akun resmi dapat diverifikasi sehingga mendapat centang biru, seperti yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap akun tersebut. Selain itu, kejelasan penulisan deskripsi biografi dan keunggulan universitas juga menjadi poin yang dapat menarik perhatian dalam upaya memajukan universitas. Pengelola akun resmi universitas dituntut untuk aktif dan kreatif dalam membuat postingan, baik foto maupun video yang akan dibagikan di Instagram. Mampu mengaitkan tema foto dan video dengan sesuatu yang viral bisa menjadi strategi promosi universitas untuk mendapatkan perhatian dan komentar. Komentar dari pengunjung khususnya terkait pertanyaan seputar kampus perlu dijawab oleh pengelola akun Instagram agar tercipta interaksi yang hangat dan menyenangkan.

Keywords


Promosi Strategi; Instagram; Universitas; Universitas Swasta

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity across Products and Markets. California Management Review, 38 (3), 102-120.

Calder, B. J., Malthouse, E. C., & Schaedel, U. (2009). An Experimental Study of the Relationship between Online Engagement and Advertising Effectiveness. Journal of Interactive Marketing, 23(4), 321–331. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2009.07.002

Fadhlan, M.H dan Putri, K. Y.S. (2021). Pengaruh Gaya Komunikasi Akun Instagram Folkative Terhadap Online Engagement (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019). Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 18 (1), 1-7.

Gumilar, G. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif di Kota Bandung. JIPSI – Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM. 5 (2),77-84.

Katadata.co.id. (2022). Ada 3.115 Perguruan Tinggi di Indonesia, Mayoritas di Sumatra. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/07/ada-3115-perguruan-tinggi-di-indonesia-mayoritas-di-sumatera

Khairani, Z., Soviyant, E., Azuniyandi, A., (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Pekanbaru. Jurnal

Benefita. 3 (2), 239-247. doi: http://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738.

Kopertis7.go.id. (2021) Rekap Data Perguruan tinggi swasta 2021. https://www.kopertis7.go.id/ptsKL

Lestari, D. P. (2015) Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Surabaya melalui Instagram. Commonline Departemen Komunikasi. 4 (2), 412-424.

Oktaviani, F. dan Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awarness. Profesi Humas, 3 (1), 1-20.

Sa’diya (2017). Strategi Promosi di Media Sosial Instagram Terhadap Kesadaran Merek di Era Generasi Z. Competence: Journal of Management Studies. 11 (2). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v11i2

Sarbani, Y. A., & Subandoro, P. S. (2018). Memahami Motivasi Berprestasi dan Manfaat Penggunaan Gawai Bagi Generasi Digital Native. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretaris. 1: 32-45.

Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.059

Sucipto, KRR dan Yahya, AF. (2022). Strategi Komunikasi pemasaran Digital Subway Indonesia Melalui Reels Instagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional. 6 (1). 068-078.

Suharso, P. dan Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publis Journal. 3 (2). 66-74. Doi: 10.24269/pls.v3i2.2074

Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2015-2016). eJurnal Administrasi Bisnis, 8 (3), 265-271. DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v8i3.3989

We Are Social (2022). Digital 2022 Indonesia The Essential Guide To The Latest Connected Behavior. https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf

Zakawali, G. (2022). 7 Manfaat Reeels Instagram untuk Marketing Produk. https://store.sirclo.com/blog/manfaat-Reels-Instagram/




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.8519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.