Analisis Marketing Communication dalam Membangun Brand Image melalui Sosial Media Instagram (Studi Kasus pada Kopiria Samarinda)

Catur Sefti Nanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram dalam membangun brand image yang dilakukan oleh Kopiria. Subjek dalam penelitian ini adalah pendiri Kopiria dan juga seseorang yang berperan dalam pemasaran untuk memasarkan produk yang ditawarkan dan membangun citra merek melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Dari aspek brand image, melalui konsep marketing communication yang tim Kopiria rumuskan dan dukung realisasinya dengan media sosial Instagram, khususnya fitur-fitur pada Instagram dalam konten Kopiria ternyata tidak sepenuhnya sejalan dengan persepsi followers. Jadi kalau dilihat dari kekuatan brand dan sikap positif followers terhadap perusahaan memang sudah terlihat, namun dari segi keunikan media sosial Instagram masih belum kuat. Kalau dirinci, dari segi konten yang membedakannya dengan kompetitor lain masih terbilang mirip, hanya saja intensitas yang dilakukan Kopiria lebih tinggi dan konten yang diunggah rawan memiliki kesamaan, dimana mayoritas kontennya adalah masih tentang promosi, kuis, giveaway dan sejenisnya. Ini memiliki dampak yang kurang signifikan pada korelasi dengan citra merek. Namun intensitas, skill dan konsistensi Kopiria dalam menghadirkan konten interaktif di media sosial Instagram dalam 3 tahun terakhir mampu membuat konsumen memahami brand image yang ingin dibangun atau dibentuk.

Keywords


Marketing Communication; Brand Image; Social Media; Instagram

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Miming Saputra & Setiansah, M. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 2 September 2021 E - ISSN. 8(2), 322–332.

Hidayatullah, Z., & Ardiansyah, A. (2022). Dakwah, Identitas Lokal, dan Media Sosial: Spirit Pemuda Hijrah Baubau. Idarotuna, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.16762

Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., Norfaizah, & Putra, R. B. (2022). Penerapan Digital Marketing dan Influencer Endorsement Saat Pandemi Covid-19 Pada Agen Frozen Food (Studi Kasus UMKM Wins Food Kebab Padang). The Academy Of Management and Business, 1(1), 378–384.

Kristia, S. E., & Harti. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428–1438.

Lisbet Situmorang, S. E. W. D. (2021). Pemanfatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Rumah Zakat. Dedikasi, 22(2), 73. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5858

Novrian, A., & Rizki, M. F. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 81–91. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/7444

Pane, B., Najoan, X., & Paturisu, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–9.

Penjualan, M. (n.d.). Online ISSN 2722-0745. 386–398.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sari, L. N., & Susilawati, N. (2022). Motif Penggunaan Filter Instagram dikalangan Mahasiswa Perempuan Universitas Negeri Padang. 5, 217–227.

Sari, P. T., Kusuma, B., & Merako, D. I. (n.d.). Pelaksanaan Hak Pengusahaan Hutan Dengan. 1–17.

Syuhudi, M. I. (2020). Warung Kopi Jalan Roda: Merekam Ingatan Kolektif dan Merawat Toleransi. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 96–112.

Tungka, D., Lionardo, M. M., Thio, S., & Iskandar, V. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospital Dan Manajemen Jasa, 8(2), 77–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.8337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.