Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Warung Makan Lemak Citra Samarinda

Muhammad Chaidir

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden yang merupakan konsumen Warung Lemak Citra Samarinda dengan menggunakan sampel non-probabilitas yaitu metode purposive sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan kedua variabel tersebut secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Warung Lemak Citra Samarinda terus berupaya menjaga kualitas produk dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.

Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Cahyadi, I. M. W., & Telagawathi, N. L. W. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Kain Endek di Kabupaten Buleleng. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 172–177.

Darmawan, D., & Grenier, E. (2021). Competitive Advantage and Service Marketing Mix. Journal of Social Science Studies (JOS3), 1(2), 75–80.

Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan mutu layanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(2).

Jane, B. (2019). Business in Context: An Introduction to Business an its Environment. Cengage Learning, Inc.

Kraus, S., Jones, P., Kailer, N., Weinmann, A., Chaparro-Banegas, N., & Roig-Tierno, N. (2021). Digital transformation: An overview of the current state of the art of research. Sage Open, 11(3), 21582440211047576.

Makrides, A., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). The gold rush of digital marketing: assessing prospects of building brand awareness overseas. Business Perspectives and Research, 8(1), 4–20.

Mazhar, M., Hooi Ting, D., Zaib Abbasi, A., Nadeem, M. A., & Abbasi, H. A. (2022). Gauging customers’ negative disconfirmation in online post-purchase behaviour: The moderating role of service recovery. Cogent Business & Management, 9(1), 2072186.

Mulyani, S. R., Ridwan, M., & Ali, H. (2020). Model of human services and resources: The improvement efforts of Silungkang restaurant attractiveness on consumers. Talent Development & Excellence, 12(1).

Nuel, Y. (2015). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabiltas Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit BEI. E-Journal Administrasi Bisnis, 3(4), 806.

Syafarudin, A. (2021). The effect of product quality on customer satisfaction implications on customer loyalty in the era Covid-19. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(1), 71–83.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Uzir, M. U. H., Al Halbusi, H., Thurasamy, R., Hock, R. L. T., Aljaberi, M. A., Hasan, N., & Hamid, M. (2021). The effects of service quality, perceived value and trust in home delivery service personnel on customer satisfaction: Evidence from a developing country. Journal of Retailing and Consumer Services, 63, 102721.

Winarni, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Majalah Ekonomi, 27(2), 35–47.

Yanuar, M. M., Qomariyah, N., & Santosa, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v11i2.10152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.