KONTINUITAS PERAWATAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI PADA LUKA BAKAR

Sayyid Muhammad Sahil Haikal, Astrid Pratidina Susilo

Abstract


Anak merupakan populasi yang rentan mengalami luka bakar karena perkembangan fungsionalnya yang masih lambat bereaksi. Anak-anak beresiko mengalami luka bakar yang lebih dalam karena lapisan dermis mereka yang lebih tipis, serta rentan mengalami komplikasi seperti, kehilangan cairan dan elektrolit masif, gangguan pernapasan, infeksi, hipotermia, pertumbuhan jaringan parut, dan kontraktur. Kontinuitas perawatan yang tepat dan pencegahan komplikasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita. Perawatan yang tidak baik akan menyebabkan berbagai komplikasi dan kematian. Laporan ini melaporkan sebuah kasus anak laki-laki berusia 1 tahun 9 bulan dengan diagnosis luka bakar grade II AB. Kontinuitas perawatan yang baik akan menghasilkan hasil terapi yang baik kepada pasien. Kasus luka bakar yang memiliki morbiditas dan mortalitas yang tinggi dapat diatasi dengan perawatan yang tepat sehingga komplikasi yang mengancam jiwa dapat dicegah terhadap pasien.


Keywords


Kontinuitas; perawatan; luka bakar; anak

Full Text:

PDF

References


WHO (World Health Organization). Burns. 2018.

KEMENKES RI (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. 2013

Christie CD, Dewi R, Pardede SO, Wardhana A. Luka Bakar Pada Anak Karakteristik dan Penyebab Kematian. Majalah Kedokteran UKI. 2018;34(3):131–43.

Dewi Rismala. Current Evidences in Pediatric Emergencies Management. Current Evidences in Pediatric Emergencies Management. Jakarta. 2014. 1–15.

Bessey, P. Q., Caruso, D., Casavant, C., Edelman, L., Jeng, J., Kemalyan, N., Christopher. 2011. America burn association national burn repository 2011. America Burn Association National Burn.

Gwinnutt CL, Driscoll P. Advanced Trauma Life Support. 10th ed. Vol. 48, Anaesthesia. Chicago; 2018. 441–442.

Afiani N, Santoso S, Handayani T, Yahya MFN. Efektifitas Debridemen Mekanik Pada Luka Bakar Derajat III Terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka. Jurnal Keperawatan. 2019;4(2):93–103.

Gandhi M, Thomson C, Lord D, Enoch S. Management of Pain in Children with Burns. International Journal of Pediatri. 2010;2010:1–9.

Bowo SA;, Hardisiswo S. Effectiveness of Early Excisional Debridement in Burn Injuries to Sepsis Incidence and Mortality Rate at Burn Unit of Hasan Sadikin Hospital. J Plast Rekonstruksi. 2016;2(November):40–4.

Lumbuun RFM, Wardhana A. Peranan Eksisi Dini dan Skin Graft pada Luka Bakar Dalam. Cermin Dunia Kedokteran. 2017;44(4):249–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkm.v8i1.5881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kedokteran Mulawarman

Creative Commons License
Jurnal Kedokteran Mulawarman by Faculty of Medicine Mulawarman University is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.