Psychosocial analysis on Beth Harmon in Walter Tevis’ The Queen’s Gambit (1983)

Karina Annisa Azzahra, Fatimah Muhajir

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana faktor psikososial mempengaruhi  kehidupan individu dengan menyoroti peran lingkungan dalam mendorong atau menghambat pertumbuhan kepribadian. Novel The Queen’s Gambit (1983) karya Walter Tevis dijadikan objek kajian karena secara mendalam merefleksikan perjalanan kepribadian tokoh Beth Harmon. Penelitian ini menggunakan teori perkembangan psikososial Erik H. Erikson melalui pendekatan psikoanalisis dengan metode kualitatif. Studi ini menerapkan teori perkembangan psikososial Erikson melalui pendekatan psikoanalisis dengan metodologi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beth berkembang melalui empat tahap perkembangan psikososial Erikson, yaitu usia bermain, usia sekolah, remaja, dan dewasa muda. Setiap tahap dipengaruhi secara signifikan oleh perubahan lingkungan Beth, seperti kehidupan rumah tangga yang tidak stabil pada masa bermainnya, pengasuhan institusional pada usia sekolah, dunia catur yang kompetitif pada masa remajanya, dan konflik internal serta ketidakseimbangan emosi pada tahap dewasa muda. Terlepas dari semua itu, Beth mencapai pertumbuhan kepribadian melalui empat tahap tersebut, yang menyoroti peran lingkungan yang kuat yang membuatnya mampu mengatasi tantangan psikososial.


Full Text:

PDF

References


Aras, G. (2015). Personality and Individual Differences: Literature in Psychology- Psychology in Literature. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185, 250–257. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.452

Birlik, N. (2018). Literature and psychology: Writing, Trauma and the Self (Ö. Çakırtaş, Ed.). Cambridge Scholars Publishing.

Dar, N. A. (2022). ON THE RELATIONSHIP BETWEEN LITERATURE AND PSYCHOLOGY. International Journal of Applied Research in Social Sciences, 4(8), 284–292. https://doi.org/10.51594/ijarss.v4i8.382

Erikson, E. H. (1993). Childhood and society. W. W. Norton & Company.

Erikson, E. H., & Erikson, J. M. (1998). The life cycle completed (Extended version). W. W. Norton & Company.

Kosiaroh, L., Sunggingwati, D., & Asanti, C. (2017). JESSE’S PSYCHOSOCIAL DEVELOPMENT IN THE NOVEL MY SISTER KEEPER BY JODI PICOULT (2004). Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 171–182.

Madarita, M., Natsir, M., & Asanti, C. (2019). PETER’S PSYCHOSOCIAL DEVELOPMENT IN PRODIGAL SON NOVEL BY DANIELLE STEEL. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(4), 485–495.

McAdams, D. P. (2001). The psychology of life stories. Review of General Psychology, 5(2), 100–122. https://doi.org/10.1037/1089-2680.5.2.100

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Rubianti, R., Natsir, M., & Valiantien, N. M. (2018). GREG GAINE’S ADOLESCENCE IN ME AND EARL AND THE DYING GIRL NOVEL BY JESSE ANDREWS. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 3(1), 76–85. https://doi.org/10.30872/jbssb.v3i1.1713

Silverman, R. M., & Patterson, K. (2021). Qualitative research methods for community development. Routledge.

Tevis, W. (2014). The Queen’s Gambit. Rosetta Books.

Yimer, D. M. (2019). On the Interaction Between Literature and Psychology. International European Extended Enablement in Science, Engineering & Management (IEEESEM), 7(8), 155–167. https://www.ieeesem.com/researchpaper/On_the_Interaction_Between_Literature_and_Psychology.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v9i3.23022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Karina Annisa Azzahra, Fatimah Muhajir

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License