Tindak Tutur Ilokusi pada Komika Yono Bakrie Stand Up Comedy Indo Samarinda: Kajian Pragmatik

Muhammad Marwan Ashabi, Ian Wahyuni, Bayu Aji Nugroho

Abstract


Fenomena pemakaian bahasa verbal dan nonverbal dapat ditemukan melalui berbagai penggunaan bahasa, salah satunya ketika komika Yono Bakrie melakukan open mic. Dalam dunia stand up comedy menggunakan tuturan sebagai materi untuk open mic. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian menjadikan tuturan dalam stand up comedy sebagai objek penelitian. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk tuturan ilokusi pada komika stand up indo samarinda, dan bagaimana fungsi tuturan ilokusi pada komika stand up indo samarinda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi ilokusi pada komika stand up indo samarinda.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data penelitian ini berupa tuturan yang didapatkan dari sumber data yakni Yono Bakrie. Waktu penelitian sejak tahun 2020 hingga Juni 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Penyajian data menggunakan tabel berisi tuturan, bentuk, dan fungsi ilokusi. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual. Tahap pertama yang dilakukan adalah menyimak dan mencatat tuturan Yono Bakrie. Selanjutnya, memilih tuturan ilokusi sebagai data penelitian. Lalu menyajikan data menggunakan tabel agar memudahkan klasifikasi. Dan terakhir, menganalisis bentuk dan fungsi tuturan ilokusi menggunakan teori Leech.  

Hasil penelitian ditemukan bentuk dan fungsi ilokusi pada stand up comedy Yono Bakrie menggunakan tindak tutur Leech. Ditemukan dua bentuk tindak tutur ilokusi yaitu: tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Ditemukan juga fungsi ilokusi seperti konvival (menyenangkan), konfliktif (bertentangan), kolaboratif (bekerja sama), dan kompetitif (bersaing). Tindak tutur langsung terdapat penggunaa kalimat perintah, dan berita. Begitu pula tindak tutur tidak langsung terdapat penggunaan kalimat perintah, dan berita pada masing-masing data. Penggunaan kalimat tersebut berfungsi untuk mengharapkan respon dari mitra tutur. Bentuk dan fungsi tindak tutur saling berkaitan karena bertujuan menyampaikan maksud yang ingin disampaikan antara penutur dan mitra tutur.

 

Kata Kunci: ilokusi, pragmatik, stand up comedy, Yono Bakrie.


Keywords


Linguistik,

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Riska. (2014). “Gaya Komunikasi Komunitas Stand Up Indo Surabaya” Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel. https://media.neliti.com/media/publications/90775-ID-none.pdf (diunduh 4 Juni 2020)

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_____, Abdul., Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. (2017). Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

J. S. Kalangi, Desie M. D. Warouw, Cindi Marlin. (2017). “Fenomena Tayangan Stand Up Comedy di Kompas TV” Dalam juranl Acta Diurma Volume VI. No. 2. Tahun (2017). https://media.neliti.com/media/publications/90775-ID-none.pdf (diunduh 28 Maret 2022).

Knapp, L., Markand Hall, A. Judith. (2002). Nonverbal Communication in Human Interaction. Crewfordsville: Thomson Learning.

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Krisnayuda, Raharditya, Dionysius. (2020). “Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Dalam Pedagang Batik Dengan Calon Pembeli di Pasar Beringharjo Yogyakarta” Skripsi, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma.” http://repository.usd.ac.id/37406/4/164114001_full.pdf (diunduh 29 Maret 2022).

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

______. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

M. S, Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munawaroh, Fatihatul. (2020). “Tindak Tutur Ilokusi Dalam Pidato Juru Bicara Covid-19 dr. A, Yurianto Kajian Pragmatik” Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v8i2.12215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad marwan ashabi, Ian Wahyuni Wahyuni, Bayu Aji Nugroho

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License