Psikoedukasi untuk Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Online Anak TK di Masa Pandemi

Akhmad Liana Amrul Haq Haq, Retno Wulandari, Maya Mardi Yanti, Fajar Sodiq, Ade Ayu Mutiara Pawestri

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan semua bentuk pembelajaran di semua jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring melalui rumah masing-masing. Dengan demikian, orang tua mempunyai peran dalam pendampingan lebih dalam menemani, membimbing, dan mengawasi anak selama mereka belajar dari rumah. Berdasarkan wawancara awal, orangtua mengeluhkan kesulitan mendampingi anak belajar dirumah, hal ini disebabkan karena mereka harus membagi waktu antara pekerjaan dan mengajar anak.Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meringankan kendala yang dihadapi oleh pihak orangtua saat ini dan meningkatkan kesadaran orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah. Program ini melewati tiga tahapan yaitu persipan, pelaksanaan dan evaluasi, psikoedukasi tentang pendampingan anak belajar dirumah diberikan kepada 65 orangtua siswa TK Pertiwi Bondowoso. Survey diberikan kepada 10 orang tua dilakukan sebagai tolak ukur keberhasilan program psikoedukasi tidak langsung ini, pertanyaan yang diajukan adalah (apakah program ini sesuai dengan permasalahan Bapak/Ibu), dengan alternatif jawaban (sangat sesuai, cukup sesuai dan tidak sesuai), hasil survey menyebutkan 70% orang tua merasa program ini sangat sesuai dengan kebutuhan mereka dan 30% menjawab cukup sesuai. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara evaluasi dengan orangtua, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan psikoedukasi yang diberikan ini orangtua merasa sangat terbantu dalam mendampingi anak belajar dirumah.

Keywords


Psikoedukasi; Pandemi; Orang tua; Pendampingan belajar

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. M. (2015). Pola Pengasuhan Anak Usia Dini. Surabaya: Unesa University Press. Unesa University Press.

Baumrind, D. (n.d.). Parental disciplinary patterns and social competence in children. Youth & Society, 239–267.

Data, A. B., Tafonao, T., & Sidabutar, D. L. (2021). Peran Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selamat Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen , 50-62.

Gutman, L. M., & McLoyd, V. C. (2000). Parents’ management of their children’s education within the home, at school, and in the community: An examination of african-american families living in poverty. Urban Review. 1–24. .

Hakim, L. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam PembelajaranDaring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18, 192-220.

Iftitah, S. L., & Anawaty , M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi. JCE (Journal of Childhood Education), 4, 71-81.

kementrian Kesehatan, R. I. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disiases (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kusumaningrum, B., A, T. A., & Singgih, K. K. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekoalah Dasar Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 142-150.

Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen stres orangtua dalam pendampingan belajar daring. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1, 23-48.

Prabowo, S. H., Fakhuruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendididkan Islam, 191-207.

Pujiastuti, S. (2020, Juli Jumat). Surveymeter. Retrieved from surveymeter.org/id: https://surveymeter.org/id

Putria, H., Maula, H. L., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (Daring) masa pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 861-870.

Rusli, D., Nio, S. R., Akbar, A., & Nurmina, N. (2020). Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4974

Sudjana, D. (2002). Manajemen Program Pendidikan; Untuk Program Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1138-1150.

Zulfitria, Ansharulla, & Pratamai, C. A. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal UMJ, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akhmad Liana Amrul Haq Haq, Retno Wulandari, Maya Mardi Yanti, Fajar Sodiq, Ade Ayu Mutiara Pawestri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id