Bijak Bermedia Sosial: Edukasi Adiksi Sosial Media Pada Forum Jarwasnaba di Kelurahan Margo Mulyo

Sherena Priscilia Putri Sedayu, Diah Rahayu, Fibriyani Nur Khairin

Abstract


Media sosial telah menjadi bagian penting dalam keseharian kita. Adanya kemajuan teknologi dan ketersediaan akses internet, semakin banyak orang yang terhubung dengan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Banyak manfaat yang didapatkan dengan adanya internet, salah satunya antara lain, dapat sebagai media untuk memperluas informasi bahkan dapat digunakan sebagai wadah untuk berjualan atau berdagang. Tidak hanya itu, media sosial juga mampu membantu komunikasi dengan kerabat yang jauh sehingga komunikasi terasa lebih efisien. Namun, penggunaan yang berlebihan dan tidak terkendali terhadap media sosial dapat menyebabkan adiksi yang berdampak negatif pada kesejahteraan individu   Adiksi sosial media merupakan kondisi di mana seseorang kehilangan kontrol terhadap penggunaan media sosial dan mengalami ketergantungan yang merugikan. Orang yang mengalami adiksi terhadap media sosial akan merasa terdorong untuk terus menggunakan media sosial secara berlebihan, mengabaikan tanggung jawab dan aktivitas sehari-hari, serta mengalami kesulitan menghentikan atau mengurangi penggunaan.  Berdasarkan hal tersebut diadakan edukasi mengenai adiksi sosial media pada forum JARWASNABA di Kelurahan Margo Mulyo. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah memberikan materi mengenai adiksi media sosial, ceramah dan tanya jawab, serta pre-test dan post-test. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pada peserta dengan nilai mean sebesar 41.00. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan agar dapat terhindar dari adiksi media sosial. 

Social media has become an important part of our daily lives. With advances in technology and the availability of internet access, more and more people are connected to social media platforms such as Facebook, Instagram, Twitter, and others. There are many benefits obtained from the internet, one of which is that it can be used as a medium to expand information and can even be used as a forum for selling or trading. Not only that, social media can also help communicate with distant relatives so that communication feels more efficient. However, excessive and uncontrolled use of social media can cause addiction which has a negative impact on individual well-being. Social media addiction is a condition where a person loses control over their use of social media and experiences detrimental dependence. People who are addicted to social media will feel compelled to continue using social media excessively, neglect daily responsibilities and activities, and have difficulty stopping or reducing use. Based on this, education was held regarding social media addiction at the JARWASNABA forum in Margo Mulyo Village. The method used in this activity is providing material about social media addiction, lectures and questions and answers, as well as pre-tests and post-tests. The results obtained from this activity were an increase in knowledge among participants with a mean value of 41.00. Through this activity, it is hoped that participants will be able to apply the knowledge they have been given to avoid social media addiction.


Keywords


Teens, Addiction, social media

Full Text:

FULL TEXT

References


Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 41–53. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928

Basri, A. Said Hasan. “Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Ditinjau Dari Religiositas.” Jurnal Dakwah 15, no. 2 (2014): 407–32. https://doi.org/10.14421/jd.2014.15209

Budysan, T., & Hartanti, H. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Daring dan Kepribadian Lima Besar dengan Adiksi Media Sosial. Psikodimensia, 21(2), 123–131. https://doi.org/10.24167/psidim.v21i2.4686

Destiyan, A. K., & Coralia, F. (2020). Hubungan antara Kesepian dengan Adiksi Media Sosial pada Remaja di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2), 488–492. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/23100

Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64-80. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654

Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying di kalangan remaja. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(1), 28–36. http://journal.unpad.ac.id/jppm/article/view/33435/15459

Gultom, S. A., Wardani, N. D., Fitrikasari, A., & Dewi Wardani, N. (2018). Hubungan adiksi internet dengan prokrastinasi akademik. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(1), 330–347. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/19392

Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, D. (2021). Adiksi Media Sosial dan Gadget bagi Pengguna Internet di Indonesia. Techno-Socio Ekonomika, 14(1), 1. https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.1.544

Hakim, S. N., Alyu Raj, A., & Prastiwi, D. F. C. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA, 978-602–22(2), 280–284. jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2200/1662

Haque, S. A., Ramadhan, G., & Matulessy, A. (2021). Interaksi sosial dengan adiksi media sosial pada mahasiswa. Jurnal Fenomena, 30(1), 39–45. https://doi.org/10.30996/fn.v30i1.5510

Isfahani, A. M. H., & Sumaryanti, I. U. (2021). Hubungan antara adiksi media sosial dengan life satisfaction pada mahasiswa pengguna instagram. Prosiding Psikologi, 7(2), 177–182.

Jamaludin, Syarifah, A., & Karyadi. (2022). Faktor-faktor penyebab kecanduan media sosial pada mahasiswa fakultas ilmu kesehatan UIN syarif hidayatullah jakarta. Edhudarma, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52031/edj.v6i2.424

Jannah, N. F., & Rosyiidiani, T. S. (2022). Gejala fear of missing out dan adiksi media sosial remaja p utri di era pandemi covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1), 1–14.

Juledi, A. P., Munthe, I. R., Harahap, S. Z., Nasution, M., & Irmayani, D. (2023). Penyuluhan Etika dan Attitude Bermedia Sosial di Usia Remaja Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. IKA BINA EN PABOLO: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 83-93.

Kit Ma, W. W., & Wu, A. (2016). Internet Addiction: An Interpersonal Perspective. Journalism and Mass Communication, 03. https://doi.org/https://doi.org/10.15344/2349-2635/2016/122

Marchella, S., Natalie, H., Resda Ceasaria, M., Ivana Linarto, M., & Sandjaja, M. (2023). Program Remaja Bijak Bermedia Sosial untuk Mengurangi Stres Remaja di Panti Asuhan Akibat Penggunaan Media Sosial. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 5(1), 28–43. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/plakat

Mawardah, M. (2019). Adiksi internet pada Masa dewasa awal. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(2), 108–119. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i2.705

Merida, S. C., Fitriyana, R., Afifah, E. N., Virgin, I. R., Badaruzzaman, B., & Raja, B. L. (2021). Psikoedukasi Dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menyongsong Era Digital. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 54. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5843

Moussadecq, A., Darmawan, A., & Rohiman, R. (2022). Perancangan ambient media sebagai m edia iklan layanan masyarakat bahaya adiksi internet. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(2), 654. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.43009

Paramesti, A., Purnamasari, A., & Juniarly, A. (2019). Kecenderungan adiksi instagram pada mahasiswa : Apakah terkait dengan regulasi diri yang dimiliki? Psychology Journal of Mental Health, 1(2010), 40–51.

Pontes, H. M., Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2015). Clinical psychology of internet addiction: A review of its conceptualization, prevalence, neuronal processes, and implications for treatment. Neuroscience and Neuroeconomics, 4, 11–23. https://doi.org/10.2147/NAN.S60982

Prambayu, I., & Dewi, M. S. (2019). Adiksi Internet pada Remaja. TAZKIYA: Journal of Psychology, 7(1), 72–78. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v7i1.13501

Prayogo, S., Adelinne, A., Trigno, D. M., Sukma, P. M., Oktaviani, T. V., & Pandjaitan, L. N. (2021). Psikoedukasi dalam mengatasi adiksi penggunaan media sosial pada siswa kelas iv sd sathya Sai denpasar. Js (Jurnal Sekolah), 5(1), 29. https://doi.org/10.24114/js.v5i1.22702

Rusli, D., Nio, S. R., Akbar, A., & Nurmina, N. (2020). Psikoedukasi Online Pendampingan Anak Belajar Daring Akibat Terdampak Pandemi Covid 19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4974

Sanjaya, A., Lisvia, L., Nursandy, F. L., & Nurlita, Y. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 167. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741

Yunfahnur, S., R, F. D., & Martina, M. (2022). Adiksi media sosial pada mahasiswa: Level of social media addiction to Syiah Kuala University students. JIM FKep, 6(3), 9–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v5i2.13032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sherena Priscilia Putri Sedayu, Diah Rahayu, Fibriyani Nur Khairin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id