Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Gastronomi UMKM Di Kota Samarinda

Reslianty Rachim, Zulkifli zulkifli, Ferdiansyah Ferdiansyah, Rani Sri Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Penonton, Berbagi Konten, Testimoni, dan Persepsi Manfaat secara simultan terhadap Keputusan Pembelian di Instagram influencer marketing. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS statistics 23, yang diuji dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2), dan pengujian hipotesis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengikut yang memiliki akun dan sebagai pengguna aktif Instagram dan pengikut akun Instagram nfluencer marketing dan pernah melakukan pembelian karena dipengaruhi oleh konten yang dilihat di media sosial Instragram nfluencer marketing. Dengan jumlah sampel 100 responden menggunakan Teknik Purposive Sampling. Dari hasil analisis uji F dapat diketahui bahwa nilai F hitung > F tabel (133,406 > 2,47) atau nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Maka penonton, berbagi konten, testimoni dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Kemudian hasil uji T menunjukkan bahwa  penonton, berbagi konten, testimoni dan persepsi manfaat dan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Influencer marketing, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andryanto R. (2016) Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Di Toko Online (Studi Empiris Yang Dilakukan Pada Olx.Co. Id Di Yogyakarta); Available from: https://eprints.uny.ac.id/41480/.

Andi. (2024), Hootsuite(We Are Social): Data Digital Indonesia 2024 https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/. Andi.link. Kamis. 19 September 2024

Ali Akbar. (2024). Pengaruh Konten Review di Aplikasi Youtube, Tech Influencer Marketing, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Riau

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Edisi 12 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cacioppo, John & Petty, Richard E. (1986). The Elaboration Likelihood Model of Persuassion.Advances in Experimental Social Psychology. Volume 19.p. 123-162.

Cialdini, Robert B,2001, Influence: Science and Practice (4th ed.), Boston: Allyn & Baconn

Danang Sunyoto. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Devi, D. L (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Testimoni Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Produk Mineral Botanica Skincare Melalui Media Sosial Instagram (Studi Pada Mineral Botanica Squad). Skripsi

Faisal. B (2023). Pengaruh Viewer Dan Subscriber Terhadap Pendapatan Youtuber Indonesia. Jurnal Ekonomi, Volume 2 Issue No 6, Pages 549, 2808-6694.

Fitrianis, H. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Fred, S. (2018). Examining Endorsement and Penonton hip Effects on the Source Credibility of YouTubers. 2015 (Doctoral dissertation, Thesis (Master of Arts in Mass Communications)-University of South Florida, [Tampa], 2015. Disponível em: http://scholarcommons. usf. edu/etd/5685/. Acesso em: 21 fev).

Gan, C., & Wang, W. (2017). The influence of perceived value on Keputusan Pembelian in social commerce context. Internet Research, 27(4),772-785.

Ghozali, (2016). Structrual analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffith, Andrew. (2011. 101 Jurus Rahasia Membangun Bisnis Hebat Dengan Cara Cerdas, Mudah, dan Cepat, Jakarta: Tangga Pustaka.

Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Hsu, C. L., Chang, K. C., & Lin, J. C. C. (2016) Effect of perceived value and social influences on mobile app stickiness and in-app Keputusan Pembelian. Technological Forecasting and Social Change, 108,420-53

Hill, J., & Lee, H. H. (2012). Young Generation Y consumers’ perceptions of sustainability in the apparel industry. Journal of Fashion Marketing and Management, 477-491

Indira. (2024), 10 Media Sosial Dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia https://www.inilah.com/data-pengguna-media-sosial-indonesia. inilahcom. Kamis. 19 September 2024

Insight. (2024) Arti Viewer Dalam Media Sosial: Mengukur Kesuksesan Konten di Instagram Dan Tiktok https://onero.id/insight/detail/arti-viewer-dalam-media-sosial/. Onero Solutions. Kamis. 14 November 2024

Jogiyanto, H.M., 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi

Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision Under Risk. Econometrica. vol. 47. March. no.2.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Alih bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kudu, A. R. B. (2020). Pengaruh Persepsi, Berbagi Konten Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Food Vlogger di Media Sosial Youtube) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Kwon, J., Han, I., & Kim, B. (2016). Effects of source influence and peer referrals on information diffusion in Twitter. Industrial Management & Data Systems, 896 - 909.

Littlejohn, S. W & Foss, K.A. 2008. Theories of Human Communication. Belmont, CA :

Manurung, S. F. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Tokopedia (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Universitas Katolik Santo Thomas Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Ningrum, M. S., dan Tresnati, R. (2018). Pengaruh Iklan, Testimoni terhadap Keputusan Pembelian (Survey pelanggan klinik Vanela Beauty Care Cimareme Padalarang). Jurnal Prosiding Manajemen; 4(1), 274-279.

Palda, A. I., Iisnawati, I., & Yunita, D. (2024). Pengaruh Content Creation, Berbagi Konten, Connecting dan Community Building terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 3D Stable Equestrian. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 100-112.

Pmm SoM. (2024). Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, dan Konsep https://ppmschool.ac.id/manajemen-pemasaran/#Fungsi_Manajemen_Pemasaran. Artikel Manajemen. Rabu. 06 November 2024

Prasetyo, M. B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee Pada Masyarakat Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation).

Purwadi, Suci, dkk (2022) Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Media Saind Indonesia. Bandung

Raditya (2024). Memahami Penonton: Definisi dan Perannya Dalam Media https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/Penonton -adalah/. Toffedev.Kamis 14 November 2024

Riduwan. 2018. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Bandung.

Rogers, Everett. (1983). Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Rossanty, Y., Nasution, M. D., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour in Millennial Era. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Rosana, J. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Ovo (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sari, A. N., & Ardiansari, A. (2019). The influence of utilitarian value and hedonical values on customer loyalty through customer satisfaction. Management Analysis Journal, 8(2), 146-155.

Savira, F. D. (2016). Analisis Pengaruh Endorsement Dan Penonton Terhadap Kredibilitas Youtubers (Doctoral Dissertation, Uajy).

Setiawati, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement, Testimoni, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online shop Blibi.com (studi pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan Tahun 2016). Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNISMA.

Sholikah, dkk (2021). Manajemen Pemasaran Saat ini Dan Masa Depan. Penerbit Insania. Cirebon.

Shimp, A. Terence., (2010), Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications., 8th Edition., South-Western, Cengage Learning.

Sriantini, N. N. A., & Hartini, N. M. (2022). Pengaruh Testimoni Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Di Kabupaten Badung. Journal Research of Management, 4(1), 10-19.

Sugiyono, (2017). Metode penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Talib, Y. Y. A., & Saat, R. M. (2017). Social proof in social media shopping: An Experimental design research. In SHS Web of Conferences (Vol. 34, p. 02005). EDP Sciences.

Tjiptono, F., & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi Publiser.

United Creative. (2024)Apa Itu Penonton : Definisi dan Faktor- faktornya di Industri Media Digital.

Vildayanti, R. A., Sriyanto, A., Hidayat, R. S., & Setyarko, Y. (2022). Peran Konten, Testimoni dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Kopi Lima Detik Kemang, di Jakarta). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11(2), 168-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v13i3.22136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.