PENGARUH WAKTU DAN KONSENTRASI ADSORBEN KULIT JAGUNG TERHADAP PENURUNAN KONSENTRASI LOGAM BERAT

Rif'an Fathoni, Dwi Arum Nitami, M. Adika Fatturahman Simanjuntak

Abstract


Penyerapan (Adsorpsi) secara umum adalah suatu proses pemisahan bahan dari campuran gas atau cair, bahan yang harus dipisahkan ditarik oleh permukaan adsorben padat dan diikat oleh gaya-gaya yang berkerja pada permukaan tersebut. Karbon aktif (adsorben) merupakan material amorf berkarbon yang memiliki luas permukaan yang besar yang dibangun oleh struktur pori internalnya melalui proses karbonisasi dan aktivasi. Karbon aktif mengandung 85-95% karbon, dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi. Salah satu bahan yang dapat diolah menjadi karbon aktif ialah kulit jagung yang memiliki kandungan selulosa yang cukup tinggi sehingga dapat menyerap kandungan logam yang ada di dalam larutan. Penelitian ini menggunakan H 2O2 sebagai akivator karbon aktif kulit jagung terhadap adsorbsi kadar logam dalam larutan CuSo 4, mula-mula diketahui kadar awal larutan CuSo 4 sebesar 15 mg/L kemudian dilakukan adsorbsi menggunakan karbon aktif kulit jagung yang telah diaktivasi sehingga diperoleh hasil kadar CuSo4 sebesar 0,003 mg/L dengan penurunan sebesar 99%, hal ini dikarenakan karbon aktif kulit jagung ini memiliki kemampuan yang baik dalam penyerapan kandungan logam.


Full Text:

PDF

References


Alfiany, H., Syaiful, B., dan Nurakhirawati.(2013). Kajian Penggunaan Arang Aktif Tongkol Jagung sebagai Adsorben Logam PB dengan beberapa Aktivator Asam. Jurnal Natural Science Vol. 2(3) : 75-86.

Bernasconi, G., Gerster H., Hauser H., Stauble H. dan Schneiter E. 1995. Teknologi Kimia Bagian 2, terjemahan Lienda Handojo. PT Pradnya Paramita. Jakarta

Effendi, A. dan Saibatul, T. (2010). Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan Karbon Aktif untuk Industri. Jurnal Riset Industri Hasil Hutan Vol.2, No.2 (43-51).

Munaf, E., Haryati, S., Suyani, dan H, Dharma, A. 2000. Penyerapan Ion Kromium (III) dan Kromium (VI) dalam Air dengan menggunakan Tepung Enceng Gondok dan Studi Regenerasinya. Jurnal Kimia Andalas. Jurusan Kimia Fakultas MIPA. Universitas Andalas

Notohadiperwiro, T. Sembiring, Zipora, Buhani, Suharso, dan Sumadi. (2009). Isoterm Adsorpsi Ion Pb(II), Cu(II), dan Cd(II) pada Biomassa Nannochloropsis, sp yang Dienkapsulasi Akuagel Silika. Indo. J. Chem., 9(1): 1-5.

Ningsih, Eva Rahayu. (2012). Uji Kinerja Digester pada Proses Pulping Kulit Jagung dengan Variabel Suhu dan Waktu Pemasakan. Universitas Diponegoro Semarang.

Prasetyawati, Dwi Putri. (2015). Pemanfaatan Kulit Jagung dan Tongkol Jagung (Zea Mays) sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kertas Seni dengan Penambahan Natrium Hidroksida (NaOH) Dan Pewarna Alami. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sembiring, M.T., Sinaga, T.S. (2003). (Arang Aktif) Pengenalan dan Proses Pembuatannya. Universitas Sumatra Utara.

Sihombing, Y.P. (2019). Adsorpsi Zat Pewarna Tekstil Methyl Orange Menggunakan Adsorben Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L). Universitas Sumatera Utara.

Syauqiah, H., Amalia, M., dan Kartini, H, A., (2011). Analisis Variasi Waktu dan Kecepatan Pengaduk pada Proses Adsorpsi Limbah Logam Berat dengan Arang Aktif. Jurnal Info Teknik Vol.12, No.1 (11-20).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/cmg.v8i1.12455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Teknik Kimia

Fakultas Teknik

Universitas Mulawarman

Jalan Sambaliung - No. 9 Sempaja Selatan

Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Kode Pos. 75117 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.