TEKNIK PENGINDERAAN JAUH UNTUK IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN LONGSOR DI DESA SRIDADI, KECAMATAN SIRAMPOG, KABUPATEN BREBES

Agus Nur Shidik, Eva Cintia Purba, Puspita Ayuningtyas

Abstract


Berdasarkan data BNPB tahun 2020 mencatat telah terjadi 2.059 bencana alam  di Indonesia sepanjang bulan Januari-20 September 2020, dan salah satu bencana alam yang mendominasi adalah tanah longsor. Di lokasi penelitian yang berada di Desa Sridadi juga memiliki riwayat bencana tanah longsor yang cukup sering, berdasarkan data BNPB (2010-2013), telah terjadi tiga kali peritiwa bencana tanah longsor di Desa Sridadi yakni pada tanggal 24 Oktober 2010, 19 Desember 2012, dan 29 Januari 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemetaan dan zonasi wilayah yang memiliki kerawanan terjadinya tanah longsor di Desa Sridadi agar dapat dijadikan acuan untuk mitigasi lebih lanjut. Penginderaan jauh merupakan sebuah teknik yang dapat diterapkan untuk memetakan daerah yang memiliki kerawanan terjadinya tanah longsor. Dalam penelitian ini digunakan kombinasi dan pembobotan dari beberapa parameter seperti litologi, NDWI, NDVI, Fault Fracture Density, dan Slope Analysis yang diperoleh dari pengolahan data Citra Landsat 8 OLI dan DEM SRTM. Hasil pengolahan peta didapatkan 5 kelas kerawan mulai dari sangat rendah sampai sangat tinggi. Daerah yang memiliki kerentanan tanah longsor sangat tinggi meliputi sebagian besar Dusun Lebak Goak, Dusun Suruhsunda, Dusun Pringanamba, bagian barat Dusun Gua, Dusun Legok, Dusun Rakem, Dusun Sigomyang, Dusun Bojongsari dan sebagian Dusun Srimpak.


Keywords


penginderaan jauh; bencana alam; tanah longsor; brebes; sridadi

Full Text:

PDF

References


Dewi, Tara Sinta, Sari Bahagiarti Kusumayudha, and Heru Sigit Purwanto. "Zonasi Rawan Bencana Tanah Longsor dengan Metode Analisis GIS: Studi Kasus Daerah Semono dan Sekitarnya, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah." Jurnal Mineral, Energi, dan Lingkungan 1.1 (2017): 50-59.

Djuri, M., Samodra, H., Amin, T.C., Gafoer, S., 1996. Peta Geologi Lembar Purwokerto dan Tegal, Jawa Tengah. Bandung.

Pulunggono, A., Matodjojo, S., 1994. Perubahan Tektonik Paleogen-Neogen Merupakan Peristiwa Terpenting Di Jawa, Proccedings Geologi dan Geotektonik Pulau Jawa: 37-50.

Puslittanak Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat. (2004). Laporan Akhir Pengkajian Potensi Bencana Kekeringan, Banjir dan Longsor di Kawasan Satuan Wilayah Sungai Citarum-Ciliwung, Jawa Barat Bagian Barat Berbasis Sistem Informasi Geografi. Bogor

Somantri, Lili. "Kajian Mitigasi Bencana Longsor Lahan Dengan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh." Padang: Ikatan Geografi Indonesia (2014).

Van Bammelen, R.W., 1949. The Geology Of Indonesia, v.I.A Government Printing Office.

Yassar, Muhammad Farhan, et al. "Penerapan Weighted Overlay Pada Pemetaan Tingkat Probabilitas Zona Rawan Longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat." Jurnal Geosains dan Remote Sensing 1.1 (2020): 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtgeo.v4i2.5442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.