HASIL UJIAN PRAKTIKUM HISTOLOGI METODE LURING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN TIDAK BERBEDA DENGAN METODE DARING
Abstract
Histologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur mikroskopis jaringan baik jaringan hewan maupun jaringan tumbuhan. Praktikum histologi merupakan salah satu bentuk pembelajaran histologi dan setelah kegiatan tersebut mahasiswa akan dievaluasi melaui ujian praktikum histologi. Selama pandemi Covid-19, sistem pembelajaran histologi di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman berubah dari luring menjadi daring. Ujian praktikum histologi secara luring adalah mahasiswa mengamati preparat histologi secara langsung di mikroskop sedangkan ujian praktikum histologi secara daring adalah mahasiswa mengamati preparat histologi melalui tayangan foto. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perbedaan hasil ujian praktikum histologi metode luring dan daring di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini merupakan penelitian analitik retrospektif yang termasuk dalam penelitian kuantitaif. Data yang didapatkan berasal dari data sekunder hasil ujian praktikum histologi angkatan 2019 yang mewakili ujian praktikum luring dan angkatan 2020 mewakili yang ujian praktikum daring. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu dengan mengambil semua data hasil ujian praktikum histologi blok 2 dan 3. Hasil uji statistik Independent Sample T-test didapatkan p=0.52 (p>0.05) yang berarti tidak terdapat perbedaan antara hasil ujian praktikum histologi metode luring dan daring di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.
Kata Kunci : Histologi, Hasil Ujian, Luring, Daring
Full Text:
PDFReferences
Purwahita AA. RM, Wardhana PBW, Ardiasa IK, Winia IM. Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata Bali Ditinjau dari Sektor Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan (Sebuah Tinjauan Pustaka). J Kaji dan Terap Pariwisata. 2021;1(2):68–80.
Qian M, Jiang J. COVID-19 and Social Distancing. J Public Health (Bangkok). 2020;
Yudhira A. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Komparasi Pembelajaran Luring Dan Daring Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi Di Universitas Tjut Nyak Dhien). J Ilm Akunt Keuang dan Bisnis. 2021;2(1):1–10.
Setyawahyuningtyas L. Asselerasi Kebijakan Dan Tanggung Jawab Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19. Pros Semin Nas … [Internet]. 2020;103–10. Available from: http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/269
Pratama RE, Mulyati S. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidik Indones. 2020;1(2):49–59.
Astuti R, Setianingsih GM, Rahayu S. Efektivitas Praktikum Biokimia Secara Luring Dan Daring Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Protein Pada Mahasiswa. J Inov Pendidik dan Sains. 2021;2(1):13–8.
Darici D, Reissner C, Brockhaus J, Missler M. Implementation of a fully digital histology course in the anatomical teaching curriculum during COVID-19 pandemic. Ann Anat [Internet]. 2021;236:151718. Available from: https://doi.org/10.1016/j.aanat.2021.151718
Sardiyanah. Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Al-Qalam J Kaji Islam Pendidik. 2018;10(2):66–81.
Susilowati R, Fachiroh J, Sumiwi YAA. Ujian Praktikum Histologi Dengan Tayangan Foto. J Pendidik Kedokt Indones. 2016;5(2):114–20.
Wulan A, Aristia R. Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. In: Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo; 2018. p. 1–13.
Alwi I. Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban Tes Obyektif Bentuk Pilihan Ganda Terhadap Reliabilitas , Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda. J Ilm Fakt Exacta. 2010;3(2):184–93.
Kumar P, Ghildiyal J, Rajpoot RS, Kumar S. Comparison of performance in physiology subject assessed by short essay type questions and multiple choice questions of first year medical students. Asian J Med Sci. 2017;8(1):82–4.
Funk SC, Dickson KL. Multiple-Choice and Short-Answer Exam Performance in a College Classroom. Teach Psychol. 2011;38(4):273–7.
Mullen K, Schultz M. Short Answer Versus Multiple Choice Examination Questions for First Year Chemistry. Int J Innov Sci Math Educ. 2012;20(3):1–18.
ako YA, Hutasoit R, Buntoro IF. Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Med J. 2021;9(2):306–15.
Iqwan M, Sulistiawati, Yudia RC. Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Diskusi Tutorial Daring dan Luring di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. 2022;1–7.
Wormald BW, Schoeman S, Somasunderam A, Penn M. Assessment drives learning: An unavoidable truth? Anat Sci Educ. 2009;2(5):199–204.
Purnomo YW. Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan. Sigma J. 2014;VI(01):22–33.
Opod H, Pali C. Gambaran Minat dan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Semester 2 Angkatan 2015. J Kedokt Komunitas Dan Trop. 2015;4(2):111–4.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkm.v11i1.9673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Kedokteran Mulawarman

Jurnal Kedokteran Mulawarman by Faculty of Medicine Mulawarman University is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.