HUBUNGAN STRES DENGAN BURNOUT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

Mediva Syafira, Siti Khotimah, Eka Yuni Nugrahayu

Abstract


Selama menjalankan pendidikan kedokteran, mahasiswa kedokteran mendapatkan berbagai tuntutan akademik dan psikososial yang terus meningkat sehingga dapat mengakibatkan stres dan burnout. Dalam proses belajar, stres yang diakibatkan oleh pelajaran, atau faktor-faktor tekanan psikologis lainnya dapat mengakibatkan kelelahan emosi, sinisme dan penurunan prestasi pribadi yang merupakan dimensi dari burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dengan burnout pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil kuisioner Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) untuk mengetahui burnout dan kuisioner Perceived Stress Scale (PSS) untuk mengetahui stres. Sebanyak 315 mahasiswa berpartisipasi menjadi responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres ringan (19,0%), stres sedang (69,2%), dan stres berat (11,7%). Sedangkan pada burnout yang paling banyak dialami pada setiap dimensi adalah tingkat tinggi yaitu emotional exhaustion (44,8%), depersonalization (52,7%), dan personal accomplishment (43,5%). Pada uji Spearman didapatkan nilai kemaknaan (p-value)  sebesar 0,000. Dapat disimpulkan, terdapat hubungan stres dengan ketiga dimensi burnout pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.


Keywords


Stres, Burnout, Mahasiswa Kedokteran

Full Text:

PDF

References


Santi, K. (2020). Pengaruh Big Five Personality Dengan Kejadian Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 8(1), 64–70.

Alqifari, A., Alghidani, M., Almazyad, R., Alotaibi, A., Alharbi, W. A., Aljumail, E., Alqefari, G., Alkamees, A., & Alqifari, H. (2021). Burnout in medical undergraduate students in Qassim, Saudi Arabia. Middle East Current Psychiatry, 28(1).

Firdaus, A., Yuliyanasari, N., & Djalillah, G. N. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 114.

Rosales-Ricardo, Y., Rizzo-Chunga, F., Mocha-Bonilla, J., & Ferreira, J. P. (2021). Prevalence of burnout syndrome in university students: A systematic review. Salud Mental, 44(2), 91–102.

Christy, C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2020). Kemampuan Mengontrol Diri Mahasiswa Kedokteran Dalam Belajar, Pengerjaan Tugas, Dan Penggunaan Gawai. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(1), 204.

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81.

Pokhrel, N. B., Khadayat, R., & Tulachan, P. (2020). Depression, anxiety, and burnout among medical students and residents of a medical school in Nepal: a cross-sectional study. BMC Psychiatry, 20(1).

Shadid, A., Shadid, A. M., Shadid, A., Almutairi, F. E., Almotairi, K. E., Aldarwish, T., Alzamil, O., Alkholaiwi, F., & Khan, S. U. D. (2020). Stress, Burnout, and Associated Risk Factors in Medical Students. Cureus.

De Hert, S. (2020). Burnout in Healthcare Workers: Prevalence, Impact and Preventative Strategies. Local and Regional Anesthesia, Volume 13, 171–183.

Rakovec-Felser, Z. (2011). Professional burnout as the state and process-what to do? Collegium Antropologicum, 35(2), 577–585.

Lin, S. H., & Huang, Y. C. (2014). Life stress and academic burnout. Active Learning in Higher Education, 15(1), 77–90.

Fares, J., al Tabosh, H., Saadeddin, Z., el Mouhayyar, C., & Aridi, H. (2016). Stress, burnout and coping strategies in preclinical medical students. North American Journal of Medical Sciences, 8(2), 75.

Asif, S., Muddassar, A., Shahzad, T. Z., Raouf, M., & Pervaiz, T. (2020). Frequency of depression, anxiety and stress among university students. Pakistan Journal of Medical Sciences, 36(5).

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1.

Rahmawati, M. N., Rohaedi, S., & Sumartini, S. (2019). Tingkat Stres Dan Indikator Stres Pada Remaja Yang Melakukan Pernikahan Dini. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1).

Andriana, J., & Prihantini, N. N. (2021). Hubungan Tingkat Stres Dengan Indeks Massa Tubuh Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya, 9(2), 1351–1361.

Ndoen, D. R., Anakaka, D. L., & Aipipidely, D. (2021). The Description of Stress Levels among Medical Students. Journal of Health and Behavioral Science, 3(3), 321–333.

Muttaqin, M. R., Rotinsulu, D. J., & Sulistiawati, S. (2021). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(4), 586–592.

Legiran, L., Azis, M. Z., & Bellinawati, N. (2015). Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 2(2).

Eliyana. (2016). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Burnout Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSJ Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015. Jurnal ARSI, 2(3).

Putri, B. V. F. M., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3.

Dianti, N. A., & Findyartini, A. (2019). Hubungan Tipe Motivasi terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Masa Transisi dari Pendidikan Preklinik ke Klinik Tahun 2018. Ejournal Kedokteran Indonesia, 7(2).

Altannir, Y., Alnajjar, W., Ahmad, S. O., Altannir, M., Yousuf, F., Obeidat, A., & Al-Tannir, M. (2019). Assessment of burnout in medical undergraduate students in Riyadh, Saudi Arabia. BMC Medical Education, 19(1).

Edú-Valsania, S., Laguía, A., Moriano, J.A. (2022). Burnout: A Review of Theory and Measurement. Int. J. Environ. Res. Public Health, 19, 1780.

Huang, Y. C., & Lin, S. H. (2010). Canonical Correlation Analysis on Life Stress and Learning Burnout of College Students in Taiwan. International Electronic Journal of Health Education, 13, 145–155.

Santen, S. A., Holt, D. B., Kemp, J. D., & Hemphill, R. R. (2010). Burnout in Medical Students: Examining the Prevalence and Associated Factors. Southern Medical Journal, 103(8), 758–763.

Vagni, M., Giostra, V., Maiorano, T., Santaniello, G., & Pajardi, D. (2020). Personal Accomplishment and Hardiness in Reducing Emergency Stress and Burnout among COVID-19 Emergency Workers. Sustainability, 12(21), 9071.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkm.v10i1.9086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kedokteran Mulawarman

Creative Commons License
Jurnal Kedokteran Mulawarman by Faculty of Medicine Mulawarman University is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.