HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN DI PUSKESMAS TANAH GROGOT TAHUN 2020

Setya Nor Rahmi, Hilda Hilda, Nilam Noorma

Abstract



Kualitas pelayanan kesehatan dasar Puskesmas menjadi prioritas dalam isu transformasi pelayanan kesehatan dan mendukung ketercapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan di Kabupaten/
Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tanah Grogot Tahun 2020. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross- sectional. Sebanyak 98 pasien yang berobat lebih dari sekali dijadikan sebagai sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Variabel penelitian adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pasien yang diukur berdasarkan skala Likert. Sebanyak 57,1% pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan dan 82,4% pasien menyatakan kualitas pelayanan baik.Berdasarkan hasil uji statistik chi square tidak terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pasien di Puskesmas Tanah Grogot dengan nilai p (sig) sebesar 0,130. Kepuasan pasien bersifat dinamis, oleh karenanya pemantauan tingkat kepuasan pasien harus selalu dilakukan secara berkala dan informasi keluhan yang disampaikan oleh pasien harus ditindak lanjuti dengan baik.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Puskesmas Tanah Grogot

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan di Indonesia. Sistem Kesehatan Nasional http://sistemkesehatan.net/6-pilar-transformasi-sistem-kesehatan-di-indonesia diakses 08 Juni 2021 (2021).

Kementrian Kesehatan RI. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2014. (2014).

Kementerian Kesehatan RI. Permenkes No. 46 Tahun 2015. (2015).

Astuti, D. Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia J. Public Heal. Res. Dev. 1, 51–57 (2017).

Rasnidiati, K. A. P. & Subawa, N. S. Persepsi Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas di Kabupaten Buleleng. J. Ilm. Manaj. Publik dan Kebijak. Sos. 4, 1–18 (2020).

Suwuh, M. K. et al. Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas 7, 1–8 (2018).

Andika, F. & Hariyanto, P. Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh. J. Healthc. Technol. Med. 3, 2615–109 (2017).

Andriani, A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. J. Endur. 2, 45 (2017).

Adian, Y. A. P. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Loket Pendaftaran Rawat Jalan di Puskesmas di Jawa Timur. 4, 43–51 (2020).

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. Analisis

Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. J. Kesehat. Masy. 5, 33–42 (2017).

Kaseger, H., Akbar, H., Amir, H., Astuti, W. & Ningsih, S. R. Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas X. J. Ilm. Kesehat. Karya Putra Bangsa 3, 23–33 (2021).

Aini, R. et al. Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Terakreditasi Di Kota Padang. Hum. Care J. 6, 139–145 (2021).

Naima, Sudirman & Anzar, M. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu Kabupaten Parigi Moutong. jurnal.unismuhpalu 711–718 (2020).

Kotler dan Keller. Manajemen Pemasaran. (2012).

Pohan, I. S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar Dasar Pengertian dan Penerapan. (EGC, 2007).

Lestari, T. R. P. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan. Kajian 23, 157–174 (2018).

Jenkinson, C., Coulter, A., Bruster, S., Richards, N. & Chandola, T. Patients’ experiences and satisfaction with health care: Results of a questionnaire study of specific aspects of care. Qual. Saf. Heal. Care 11, 335–339 (2002).




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jkm.v9i1.7602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kedokteran Mulawarman

Creative Commons License
Jurnal Kedokteran Mulawarman by Faculty of Medicine Mulawarman University is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.