Model Penerimaan Penggunaan E-Marketplace Dengan Technology Acceptance Model di Pusat Pembelanjaan Mentaya Kotawaringin Timur

Agung Purwanto, Nurahman Nurahman

Abstract


Salah satu Model Bisnis dari E-Commerce yang berkembang adalah E-Marketplace. Persaingan antara E-marketplace satu dengan yang lain sangat ketat sehingga ada beberapa E-Marketplace lebih berhasil dari pada yang lain. Sebuah E-marketplace dikatakan berhasil jika diterima dengan baik oleh penggunanya. Oleh karena itu penelitian tentang penerimaan E-marketplace menjadi penting. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di salah satu pasar Indonesia yaitu Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) mengenai penggunaan E-marketplace. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui penerimaan adopsi teknologi Informasi. Model penerimaan teknologi informasi yang digunakan yaitu Model Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan cara menyebar kuisioner atau survey. Data yang diperoleh berjumlah 240 yang berasal dari konsumen PPM yang menggunakan aplikasi E-marketpalce. Kemudian data akan digunakan untuk menguji hubungan antar variable dari model yang diusulkan. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa presepsi kemudahan menggunakan layanan aplikasi E-marketplace berpengaruh terhadap presepsi manfaat. Ini disebabkan bahwa kemudahan dalam mengoperasikan layanan E-marketplace mempengaruhi pengguna sehingga transaksi penjualan dan pembelian menjadi lebih efektif dan efesien. Selain itu, di dapatkan juga presepsi kemudahan mempunyai pengaruh terhadap sikap penggunaan. Ini menunjukan pengguna layanan E-marketplace merasa bahwa menggunakan layanan tersebut meningkatkan efektifitas dan bermanfaat, maka mereka tidak akan menolak menggunakan layanan E-marketplace. Hasil dalam penelitian ini variable sikap penggunaan terhadap Behavioral Intention tidak diterima, karena sikap dalam menggunakan layanan E-marketplace tidak menentukan perilaku penggun dalam waktu yang akan datang. Penelitian ini fokus pada adopsi penerimaan teknologi informasi menggunakan TAM. Untuk kedepannya diharapkan adanya kombinasi model penerimaan teknologi yang lain seperti UTAUT dan TPB.

Keywords


Technology Acceptance Model, Technology Acceptance Theory, E-marketplace

Full Text:

PDF

References


Adams, D. A., Nelson, R. R., & Todd, P. A. (1992). Perceived usefulness, ease of use, and usage of information technology: A replication. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/249577

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding attitudes and predicting social behaviour. New Jersey: Prentice-Hall. Englewood Cliffs.

Al-Gahtani, S. S. (2011). Modeling the electronic transactions acceptance using an extended technology acceptance model. Applied Computing and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.aci.2009.04.001

Bao, H., Li, B., Shen, J., & Hou, F. (2016). Repurchase intention in the Chinese e-marketplace: Roles of interactivity, trust and perceived effectiveness of e-commerce institutional mechanisms. Industrial Management and Data Systems, 116(8). https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2015-0296

Bruner, G. C., & Kumar, A. (2005). Explaining consumer acceptance of handheld Internet devices. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2003.08.002

Burton-Jones, A., & Hubona, G. S. (2005). Individual Differences and Usage Behavior: Revisiting a Technology Acceptance Model Assumption. Data Base for Advances in Information Systems. https://doi.org/10.1145/1066149.1066155

Chong, A. Y. L., Lacka, E., Boying, L., & Chan, H. K. (2018). The role of social media in enhancing guanxi and perceived effectiveness of E-commerce institutional mechanisms in online marketplace. Information and Management. https://doi.org/10.1016/j.im.2018.01.003

Cohen, J. (1988). The effect size index: d. In Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/249008

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Fachriyan, H. A., & Wijaya, I. P. E. (2018). Aplikasi Model E-Marketplace Dalam E-Agribusiness. Mediagro, 14(1), 12–24. https://doi.org/10.31942/md.v14i01.2614

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19671

Fayad, R., & Paper, D. (2015). The Technology Acceptance Model E-Commerce Extension: A Conceptual Framework. Procedia Economics and Finance. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00922-3

Fedorko, I., Bacik, R., & Gavurova, B. (2018). Technology acceptance model in e-commerce segment. Management and Marketing. https://doi.org/10.2478/mmcks-2018-0034

Gunawan, H., & Lynawati. (2018). Analisis Penerimaan Teknologi “Smart City” Kota Purwokerto Dengan Model Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Igbaria, M., Zinatelli, N., Cragg, P., & Cavaye, A. L. M. (1997). Personal computing acceptance factors in small firms: A structural equation model. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/249498

Kulviwat, S., Bruner, G. C., Kumar, A., Nasco, S. A., & Clark, T. (2007). Toward a unified theory of consumer acceptance technology. Psychology and Marketing. https://doi.org/10.1002/mar.20196

Kurnia, S., & Chien, A. J. (2003). The acceptance of online grocery shopping. BLED 2003 Proceedings.

Lai, C. Y., Li, Y. M., & Lin, L. F. (2017). A social referral appraising mechanism for the e-marketplace. Information and Management. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.07.001

Lai, P. (2017). The Literature Review Of Technology Adoption Models And Theories For The Novelty Technology. Journal of Information Systems and Technology Management. https://doi.org/10.4301/s1807-17752017000100002

Lou, H., Chau, P., & Li, D. (2005). Understanding Individual Adoption of Instant Messaging: An Empirical Investigation. Journal of the Association for Information Systems. https://doi.org/10.17705/1jais.00066

Lu, Y., Zhou, T., & Wang, B. (2009). Exploring Chinese users’ acceptance of instant messaging using the theory of planned behavior, the technology acceptance model, and the flow theory. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.06.002

Pandy, P. V. J. (2018). Inovasi Pemasaran Pada Manzi Merci Melalui E-Marketplace. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275

Petralia, S., Balland, P. A., & Morrison, A. (2017). Climbing the ladder of technological development. Research Policy, 46(5), 956–969. https://doi.org/10.1016/j.respol.2017.03.012

Putra, A. K., Nyoto, R. D., & Sasty, P. H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private Di Kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi.

Ramadhanti, A., & Slamet, A. S. (2020). Developing E-Commerce Success Model by Measuring Website Quality of Indonesian MSMEs. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200520.004

Rodrigues Pinho, J. C. M., & Soares, A. M. (2011). Examining the technology acceptance model in the adoption of social networks. Journal of Research in Interactive Marketing. https://doi.org/10.1108/17505931111187767

Setiawan, D. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Kinerja Dosen Dalam Kegiatan Mengajar (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 1(1).

Setiyadi, M. I., Mangiwa, B. B., & Nugraheni, D. M. K. (2019). Analysis of E-Commerce using Technology Acceptance Model and Its Interaction with Risk, Enjoyment, Compatibility Variables. ICICOS 2019 - 3rd International Conference on Informatics and Computational Sciences: Accelerating Informatics and Computational Research for Smarter Society in The Era of Industry 4.0, Proceedings, 1–6. https://doi.org/10.1109/ICICoS48119.2019.8982436

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WrapPLS 3.0 untuk Hubungan Nonlikier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Andi.

Suryanto, T. (2018). Penerapan E-Marketplace pada Distro Silver Squad. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management Science. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Widyapraba, E., Susanto, T. D., & Herdiyanti, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pengguna Untuk Menggunakan Aplikasi Daftar Online Rumah Sakit (Studi Kasus : RSUD Gambiran Kediri). Seminar Nasional Sistem Informasi.

Wiradinata, T. (2017). Nascent entrepreneurs in e-marketplace: The effect of founders’ self-efficacy and personality. International Journal of Electronic Business, 13(2–3). https://doi.org/10.1504/IJEB.2017.10003862




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v15i2.4630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.