Sistem Pendukung Keputusan Wisata Kuliner Dengan Visualisasi Geografi

Hamdani Hamdani

Abstract


Pariwisata Kuliner kini menjadi semakin populer di hidup warga negara untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat makanan yang menarik. Banyak perspektif yang berbeda dalam berbagai kebutuhan untuk menemukan tempat yang cocok untuk makan, yang jenis makanan, lokasi, bugdet, dan lainnya. Ini sangat beragam kebutuhan yang harus sesuai dengan menggunakan sistem pendukung keputusan untuk kuliner Wisata kuliner rekayasa sistem pendukung keputusan yang melibatkan data eksternal, model yang digunakan sebagai acuan dalam penilaian dan bobot, dan desain dialog layar terminal, akan menghasilkan sebuah sistem yang memberikan penilaian terhadap setiap kuliner tempat-tempat yang akan cocok untuk kunjungan wisatawan didasarkan pada kuliner kebutuhan pengguna. Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap kriteria, membuat perubahan pada data kriteria, pemodelan nilai, dan juga komponen dan pembobotan penilaian seleksi. Ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah menentukan tempat wisata kuliner di Yogyakarta, sehingga mereka akan mendapatkan yang terbaik dan paling layak tempat kuliner bagi pengguna berdasarkan sistem.


Full Text:

PDF

References


Aronoff, S., 1993, Geographic Information System: A Management Perspective WDL Publication, Ottawa, Canada.

Cahyono, T., 2004, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi

Perumahan (Studi Kasus di Kabupaten Banyumas), Tesis S2 Program Magister Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Chang, K, 2006, Introduction To Geographic Information System, 3rd Ed., Prentice-Hall International, Inc.

Jones, M.T., 2007, “Google’s Geospasial Organizing Principle”, IEEE Computer Graphics and Applications, No.4, Vol.27, Page 8-13.

Pressman, R.S., 2001, Software Enginering (A Practitioner’s Approach), 5th Ed., Prentice-Hall International, Inc.

Ram, S., Park, J., dan Ball, G.L., 1999, "Semantic-Model Support for

Geographic Information Systems," Computer, Vol. 32, No. 5, Page. 74-81.

Sunjaya, H., 2008, Sistem Informasi Geografis Wisata Kuliner Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Tesis S2 Program Magister Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Turban E, dan Aronson, J.E., 2000, Decission Support System and Inteligent System, 6th Edition., Prentice-Hall International, Inc., New Jersey.

Wattimena, F. Y, 2004, Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi Bebasis Web Untuk Kondisi Potensi Wilayah (Studi Kasus: Kabupaten Marauke Provinsi Papua), Tesis S2 Program Magister Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Xu, N.L., 2005, "A Decision Support Model Based On GIS For Vehicle Routing", Proceedings of International Conference on Services Systems and Services Management, Vol. 2, Page.1126-1129.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v5i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika Mulawarman (JIM)

Editor Informatika Mulawarman Address:
ISSN 1858-4853 (Print) | ISSN 2597-4963 (Online)

Published by: Mulawarman University
Managed by : Informatika Department
Jalan Sambaliung No.9 Sempaja Selatan Samarinda Utara,
Kalimantan Timur 75117
 - Indonesia
E-mail: jim.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM
Contact Person: Gubtha Mahendra Putra

 Creative Commons License

Informatika Mulawarman by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Under the CC BY-SA license, authors and other users are able to reprint, distribute or use the material for commercial purposes so long as they give attribution to the journal Informatika Mulawarman and license the republished material under the same license.