Analisis Gaya Bahasa Cerpen Keluarga M dan Yorrick Karya Budi Darma

Mujiburrahman Khair, Dahri Dahlan, Eka Yusriansyah

Abstract


Khair, Mujiburrahman. 2022. ANALISIS GAYA BAHASA CERPEN KELUARGA M DAN YORRICK KARYA BUDI DARMA. Skripsi.Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman.


Manusia berkomunkasi menggunakan gaya bahasa agar mempermudah penyampaian baik secara lisan maupun tulis, Gaya bahasa melalui media tulis memiliki fungsi yang dapat mempengaruhi pembaca dan dapat membuat ketertarikan terhadap apa yang disampaikan pengarang. Objek Penelitian ini adalah dua cerpen karya Budi Darma yaitu cerpen “Keluarga M” dan “Yorrick”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terkandung di dalam kedua cerpen tersebut dengan menggunakan teori gaya bahasa dari para ahli. Data yang diperoleh dengan cara studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa gaya bahasa yang sesuai dengan kerangka berpikir yang dituliskan 1. Gaya bahasa perbandingan terdiri atas Gaya bahasa Smile, Hiperbola, Personifikasi, dan Koreksio. 2. Gaya bahasa pertentangan terdiri atas Gaya bahasa Paradoks, Klimaks, Anti klimaks, Silpesis, Ironi, Sarkasme, Oksimoron, Inuendo, dan Sinisme. 3. Gaya bahasa Pertautan terdiri atas Gaya bahasa Eufemisme dan Eroteris atau Retoris. 4. Gaya bahasa Perulangan terdiri atas Gaya bahas Kiamus, adapun fungsi gaya bahasa dalam kedua cerpen menitikberatkan agar kalimat yang dibaca terkesan lebih indah dan menjadi penguat pesan untuk pembaca.

Kata Kunci : Cerita pendek, Gaya Bahasa.

 


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v7i3.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mujiburrahman Khair, Dahri Dahlan, Eka Yusriansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License