PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN MENULIS DAN MEMBACA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH
Abstract
ABSTRACT
This study aims to describe the planning, implementation, evaluation, and the effectiveness of the development of learning techniques of writing and reading through the School Literacy Program. This research uses research and development method which produce Literation Book development product. The results of the analysis concluded that the planning resulted in the compilation of the GLS program and the Literacy Book material instrument that has been validated by the material and linguist. Implementation of development through initial trials, revisions, and final trials resulted in increased interest in writing and reading talent, evaluation stages with interview triangulation techniques and inquires with peer teachers and students. The effectiveness stage obtained the average value recapitulation 92,5 categories very good or effective.
Keywords: learning technique, writing, reading, literacy
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan efektivitas pengembangan teknik pembelajaran menulis dan membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk pengembangan Buku Literasi. Hasil analisis disimpulkan bahwa perencanaan menghasilkan penyusunan program GLS dan instrumen materi Buku Literasi yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli kebahasaan. Pelaksanaan pengembangan melalui uji coba awal, revisi, dan uji coba akhir menghasilkan peningkatan minat bakat menulis dan membaca, tahap evaluasi dengan teknik triangulasi wawancara dan angket dengan guru rekan sejawat dan siswa. Tahap efektivitas didapatkan rekapitulasi nilai rata-rata 92,5 kategori sangat baik atau efektif.
Kata kunci: teknik pembelajaran, menulis, membaca, literasi
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah, A. C., & Alwasilah, S. S. 2005. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat.
_______. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_______. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
_______. 2015. Penulisan Populer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Damaianti, V.S. 2003. Strategi Polisional Melalui Dramatisasi dalam Meningkatkan Motivasi Membacaā€¯ dalam Harras, K.A., Kurniawan,K., dan Anshori, D.S. (Penyunting). Mendamba Indonesia yang Literat. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI.
Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Gie, The Liang. 2002. Pengantar Dunia Karangan/Mengarang. Yogyakarta: Balai Bimbingan Mengarang.
Guntur Tarigan, Henry. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
_______. 2015. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Harjasujana, A.S. dan Damaianti, V.S. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Junaedi, Fajar. 2015. Menulis Kreatif. Jakarta: Kencana.
Kasnadi & Sutedjo. 2010b. Menulis Kreatif: Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta: Nadi Pustaka.
Keraf, Gorys. 2006. Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Kurniawan, Heru. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Ombak.
Lipton, Laura dan Deborah Hubble. 2016. Sekolah Literasi. Perencanaan dan Pembinaan. Bandung: Nuansa Cendikia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurhadi. 2010. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
_______. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.
Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.
Rosidi, Ajib. 2016. Pembinaan Minat Baca. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: ALFABETA.
Suparno dan Yunus, M. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tampubolon, DP. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Widyani, Nur, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.
Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.
Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiatisme). Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v1i4.772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Eka Dewi Lukmana Sari, Mursalim Mursalim, Akhmad Murtadlo
Editorial address:
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB
Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License