Citra Tokoh Melur Dalam Novel Perempuan Karya Maman Suherman Kajian Feminisme Eksistensialisme

Resky - Juliansyah, Dahri Dahlan, Ahmad Mubarok

Abstract


Juliansyah, Resky. 2021. Analisis Citra Tokoh Melur Dalam Novel Perempuan Karya Maman Suhermam. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman.

Pembimbing I: Dahri Dahlan., S.S., M.  HUM.;

Pembimbing II: Ahmad Mubarok., S.S., M. HUM.

Kata Kunci : Feminisme, Eksistensialisme, Novel, Tokoh utama

 

Novel Perempuan adalah buku lanjutan dari Re; dan buku ketiga dari Maman Suherman. Novel tersebut mengangkat cerita tentang Melur, anak dari Rere atau Re: yang telah berhasil menyandang gelar Dr didepan namanya, banyak kilas balik kemasa lalu yang disajikan oleh Maman Suherman dalam novel tersebut serta tentang keadilan bagi perempuan tentang feminisme.

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis antar fenomena yang diselidiki melalui tahapan identifikasi novel, feminisme dan menyimpulkan hasil penelitian. Analisis awal menggunakan teori fakta cerita Robert Stanton dan teori feminisme dari berbagai teori.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel karya Maman Suherman ini mengusung perlawanan perempuan terhadap tindakan yang terjadi terhadap perempuan. Namun setelah Melur menyelesaikan S3 di Tokyo maka dari itu Melur kembali ke indonesia untuk menyelidiki kematian dari ibu kandungnya.


Keywords


feminisme, eksistensialisme, novel, tokoh utama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Resky - Juliansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License