RESPONS PEREMPUAN TERHADAP CERPEN PEREMPUAN HAJAR KARYA ABIDAH EL KHALEQY
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui respons pembaca perempuan terhadap isi cerita dalam cerpen Perempuan Hajar karya Abidah El Khaleqy. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan resepsi sastra secara sinkronis yang dianalisis secara kualitatif dengan pemaparan secara deskriptif. Data primer penelitian ini adalah hasil kuesioner dengan responden. Sedangkan data sekunder adalah data pendukung berupa unsur intrinsik cerpen. Adapun sumber utama penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Mulawarman. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik baca, catat, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis reseptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan secara aktif dan pasif. Hal tersebut dipengaruhi oleh minat baca responden, kedekatan pengalaman dan pengetahuan, serta kesamaan zaman. Cerpen Perempuan Hajar karya Abidah El Khaleqy menceritakan kisah perjuangan seorang mahasiswi untuk menyelesaikan kuliahnya tanpa bantuan dana dari orang tua. Cerita tersebut sangat relevan kehidupan nyata dan umum diangkat menjadi karya sastra. Setelah membaca cerpen tersebut, responden dapat menemukan motivasi dan inspirasi untuk terus semangat, pantang menyerah, serta berprasangka baik kepada Allah dalam menggapai keinginan. Oleh karena itu, responden menilai bahwa cerpen ini cukup menarik untuk dibaca meskipun tidak mengandung unsur romantis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achsani, F. 2018. Cerita Anak sebagai Media Pembentuk Karakter Anak. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 53-64. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.9
Aritonang, Devinna Riskiana. 2018. “Analisis Pendekatan Resepsi Sastra terhadap Novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong” dalam Jurnal Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume 3, No. 1, Januari—Juni, Hlm. 62—72. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/480/394
Emzir, dkk. 2018. Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Harahap, M. 2022. Penguatan Nilai Karakter dalam Cerita Anak “Little Abid Balita Cerdas & Saleh” Karya Tim Cordoba Kids. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1s), 215-234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1s.391
Herwan, & Devi, A. A. K. 2020. Citraan Metafor pada Puisi Tema Covid-19 Karya Anak Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 403-410. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.140
Jambia, M. A., Hefni, A., & Hudiyono, Y. 2022. Variasi Bahasa Anak pada Perkawinan Campur Buton Cia-Cia Laporo dan Banjar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 665-674. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.477
Maryanti, A., Hudiyono, Y., & Rokhmansyah, A. 2022. Alih Wahana Pada Alur Film Posesif Sutradara Edwin Ke Novel Posesif Karya Lucia Priandarini. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(3), 1126-1137. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5835
Mulia, Suci Fianda. 2019. Resepsi Penonton terhadap Ruang Kosong dalam Serial Web Sore: Istri dari Masa Depan Karya Yandy Laurens. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/69509/1/Jurnal-Fianda_Suci_ Mulia.pdf
Pradopo. Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra Metode Kritik Dan Penerapanny. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahima, Ade. 2016. “Literature Reception (A Conceptual Overview)” dalam Jurnal Jurnal Ilmiah Dikdaya Volume. 6, No. 1, Hlm. 1—16. http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/37/37
Rokhmansyah, A., & Nuryatin, A. 2020. Homosexual Responses in Semarang City towards Andrei Aksana's Lelaki Terindah Novel. 29th International Conference on Literature, 105-114. https://www.researchgate.net/profile/Alfian-Rokhmansyah/publication/349380865_HOMOSEXUAL_RESPONSES_IN_SEMARANG_CITY_TOWARDS_ANDREI_AKSANA'S_LELAKI_TERINDAH_NOVEL/links/602db65992851c4ed57bf720/HOMOSEXUAL-RESPONSES-IN-SEMARANG-CITY-TOWARDS-ANDREI-AKSANAS-LELAKI-TERINDAH-NOVEL.pdf
Saputri, R. D., & Setyowati, H. 2022. Tokoh dan Penokohan serta Nilai Moral dalam Cerita Fabel. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1s), 195-214. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1s.390
Sariana, S., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. 2022. Tanggapan Anak terhadap Legenda Pesut Mahakam: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, 6(2), 292-298. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/3984
Sungkowati, Yulitin. 2011. “Resepsi Pembaca terhadap Tjerita Njai Dasima” dalam Jurnal Metasastra Volume 4, No. 2, Desember, Hlm. 195—207. https://www.researchgate.net/publication/318878883_RESEPSI_PEMBACA_TERHADAP_TJERITA_NJAI_DASIMA_Reader_Reception_toward_Tjerita_Njai_Dasima/fulltext/598329060f7e9b2ac353f44a/RESEPSI-PEMBACA-TERHADAP-TJERITA-NJAI-DASIMA-Reader-Reception-toward-Tjerita-Njai-Dasima.pdf
Wibowo, A., Rokhmansyah, A., & Dahlan, D. 2021. Pandangan Dunia Tragis dalam Legenda Wadu Ntanda Rahi Suku Bima di Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(3), 335-350. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.283
Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Yarno. 2009. “Nilai Pendidikan ‘Laskar Pelangi’ Karya Andrea Hirata dan ‘Totto-Chan: Gadis Cilik Di Jendela’ Karya Tetsuko Kuroyanagi” dalam Jurnal Didaktis Volume 8, No. 2, Juni, Hlm. 53—65. http://journal.um-surabaya.ac.id/index. php/didaktis/article/download/261/205
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i4.6113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Titi Sunarti, Widyatmike Gede Mulawarman, Alfian Rokhmansyah
Editorial address:
Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB
Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License