PREJUDICE IN "THE AFRICAN DOCTOR" FILM

Niken Indah Marnani, Indah Sari Lubis, Jonathan Irene Sartika Dewi Max

Abstract


Prejudice is a hateful behavior towards someone based on their membership with the minority group. Someone counted in a minority group will get a prejudice act. This phenomenon frequently happens in literary works. Based on Gordon Allport’s theory, prejudice has several kinds, which are: antilocution, avoidance, discrimination, physical attack and extermination. As for the response given from the victim when receiving prejudice treatment, it can also be called the victim's of prejudice behavior. There are 2 behaviors: extropunitive and intropunitive. Prejudice is depicted in a film entitled The African Doctor. The film tells about prejudice which is done by French toward African – American. This research aims to reveal kinds of prejudice that experienced by African – American as a character in the film and to know the behaviors of African – American when they experienced prejudice. This research was conducted by using a descriptive method and qualitative approach. In this research, the researcher took the data from the scenes of the film and the conversations of the characters in the film. The result of the research shows that there are four of five kinds of prejudice portrayed namely antilocution, avoidance, discrimination, and physical attack. In addition, there are two victim’s behaviors of prejudice that portrayed in the research, which are extropunitive and intropunitive behavior.

 

Prasangka adalah perilaku kebencian terhadap seseorang berdasarkan keanggotaannya dengan kelompok minoritas. Seseorang yang termasuk dalam kelompok minoritas akan mendapat tindakan prasangka. Fenomena ini sering terjadi dalam karya sastra. Berdasarkan teori Gordon Allport, prasangka memiliki beberapa macam, yaitu: antilokusi, penghindaran, diskriminasi, serangan fisik, dan pemusnahan. Adapun respon yang diberikan oleh korban saat menerima perlakuan prasangka juga bisa disebut dengan perilaku korban prasangka. Terdapat 2 perilaku: ekstropunitif dan intropunitif. Prasangka digambarkan dalam film berjudul The African Doctor. Film ini berkisah tentang prasangka yang dilakukan oleh orang Perancis terhadap orang Afrika – Amerika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap macam-macam prasangka yang dialami oleh orang Afrika-Amerika sebagai karakter dalam film dan untuk mengetahui perilaku orang Afrika-Amerika ketika mereka mengalami prasangka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data dari adegan film dan percakapan para tokoh dalam film tersebut. Hasil penelitian terdapat empat dari lima amcam prasangka yang digambarkan yaitu antilokusi, penghindaran, diskriminasi, dan serangan fisik. Selain itu, terdapat dua perilaku dari para korban prasangka yang tergambar dalam film penelitian, yaitu perilaku ekstropunitif dan intropunitif.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niken Indah Marnani

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License