NILAI ETIKA DALAM NOVEL SERIBU WAJAH AYAH KARYA AZHAR NURUN ALA DAN PERANANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Alvin Andriansyah, Tri Mulyono, Afsun Aulia Nirmala

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan nilai etika yang terkandung dalam novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala, 2)  Mendeskripsikan peranan pembelajaran nilai-nilai etika pada novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala, dengan wujud data berupa penggalan kata dan kalimat yang mengandung nilai etika dalam novel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca simak dan catat. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dengan penyajian hasil analisis secara informal. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga jenis nilai etika dalam novel Seribu Wajah Ayah, yaitu (1). Nilai religi berjumlah 15 data 34,88%, (2). Nilai moral berjumlah 22 data 51,16% yang terdiri dari kejujuran, tanggung jawab, kesetiaan, keberanian, kemandirian, pengorbanan, dan pantang menyerah, (3). Nilai sosial berjumlah 6 data 13,96% yang terdiri dari sikap peduli dan kerja sama. Nilai etika yang paling dominan dalam novel Seribu Wajah Ayah adalah nilai moral yang berjumlah 22 data 51,16%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai etika yang ada pada novel Seribu Wajah Ayah dapat memberikan peranan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dan dapat dimanfaatkan oleh guru bahasa Indonesia sebagai bahan kajian dalam pembelajaran materi bahasa Indonesia kepada peserta didik di SMA Kelas XII Semester II, dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan dalam novel dengan indikator menganalisis isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik). Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi guru untuk memberikan motivasi kepada peserta didik di SMA. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang positif bagi peserta didik di SMA.

Keywords


etika, novel, peran pembelajaran

References


Ala, N. 2020. Seribu Wajah Ayah. Jakarta: Grasindo.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Anwar, R. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.

Anwar, S. 2019, Januari. Nilai-nilai Pendidikan dalam Antologi Cerita Pendek “Aroma Asa” karya Atika Dewi, dkk dan Implikasinya. In Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia 1.

Depdikbud. 2013. ―Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)‖. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eagleton, Terry. 2007. Teori Sastra. Sebuah Pengantar Komprehensif.

Yogyakarta: Jalasutra.

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman, A. 2018. Nilai-nilai pendidikan dalam novel mamak karya Nelson Alwi. Puitika, 14(1), 1-13.

Handayani, D., Gafari, O. F., & Hadi, W. (2019). Social Values on the Novel" Aku Harus Jadi Malaikat" Zakiah D Aziz's Work: Review of Literature Sociology and the Relevance as Teaching Material in Senior High School. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(2), 328-337.

Keraf, A. Sonny. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Buku Kampus.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak (dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maikomah, S., Zahar, E., & Masni, H. 2018. Analisis Nilai Etika Tolong-Menolong Tokoh Hepi Dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 204-212.

Murywantobroto dkk. 2013. Mengenal Prosa Fiksi. Semarang.

Musanna, Al. "Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2.1. 2017: 117-133.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM press.

Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media

Nuryadi. 2012. Etika dan Estetika Tembang Campur Sari Album Volume 1 dan Ngidam Sari oleh Manthous. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Robert Rizki Yono, & Tri Mulyono. 2020. Nilai Religius Dalam Novel Jatuhnya Sang Imam Karya Nawal El Saadawi. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(02), 12-18.

Rosianti, M., Widayanti, M., & Sugiyanto, Y. (2019). Nilai Sosial dalam Novel “Ayah” karya Andrea Hirata : Kajian Sosiologi Sastra. Klitika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2).

Salam, B. 2012. Etika Individual. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, N. L., Agustina, E., & Lubis, B. 2019. Nilai-nilai Sosial dalam Novel tentang Kamu karya Tere Liye Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 55-65.

Sefudin, Syamsul Anwar. "Aspek-Aspek Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran." Cakrawala: Jurnal Pendidikan 11.1. 2017: 47-54.

Sudaryanto. 2008. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar

Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta

Wacana University Press.

Sudjiman, Panutti. 2006. Memahami Cerita Rekaan, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Sugiyono, P. 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A., & Purawinangun, I. A. 2020. Social Value in the Novel Hatta: Aku Datang karena Sejarah by Sergius Sutanto as Teaching Materials in Teaching Literature in Schools.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tanyid, M. 2014. Etika dalam pendidikan: kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235-250.

Tarsinih, E., & Sutinih, S. 2020. Nilai-nilai Sosial dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia sebagai Bahan Ajar Sastra dan Model Pembelajarannya di SMA. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 4(2).

Wicaksono, 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Bandung: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 alvin andriansyah, Dr. Tri Mulyono, M.Pd., Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License