ANALISIS CERITA RAKYAT MIADUKA DITINJAU DARI KAJIAN SASTRA ANAK

M. Faisol Efendi, Yusak Hudiyono, Akhmad Murtadlo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur imajinasi yang tergambar dalam cerita rakyat Miaduka, mendeskripsikan nilai edukasi yang tergambar dalam cerita rakyat Miaduka serta mendeskrpisikan relevansi cerita rakyat Miaduka dengan psikologi perkembangan anak. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif sebagai prosedur pemecahan masalah terhadap suatu hal atau objek yang akan diteliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita rakyat Miaduka yang ditulis ulang oleh Hari Purwiati dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) dalam cerita rakyat Miaduka dapat ditemukan berbagai unsur imajinasi sebagai karakteristik khas sastra anak melalui demostrasi tokoh nenek Matimuluk yang kemudian berkembang menjadi sajian fantasi sebagai bentuk rekreatif edukatif dari sebuah karya untuk pembaca anak; (2) nilai edukasi yang tergambar dalam cerita rakyat Miaduka berupa edukasi moral, edukasi sosial, edukasi keterampilan serta edukasi multikultural yang diamanatkan melalu perilaku para tokoh dalam cerita; (3) cerita rakyat Miaduka merupakan sebuah cerita yang relevan sebagai bacaan anak baik dari segi bahasa, gaya penuturan maupun kisah yang disajikan. Secara spesifik, cerita rakyat Miaduka termasuk bacaan sastra yang lebih relevan untuk diberikan kepada anak yang masih dalam tahapan Operasional Konkret dalam pandangan psikologi perkembangan anak.

 

 

The purpose of this research to describe the element of imagination in Miaduka folklore, describing the value of education in Miaduka folklore and describing the relevance of Miaduka folklore to the psychology of child development. This research is qualitative using the descriptive method as a problem-solving procedure for an object to be studied. The data source in this study is the Miaduka folklore that was rewritten by Hari Purwiati and published by the Ministry of Education and Culture. The data collection technique used is library research. The data analysis technique in this study consisted of data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the analysis show that: (1) in the Miaduka folklore various elements of imagination can be found as distinctive characteristics of children's literature through the demonstration of the grandmother Matimuluk who later developed into a fantasy presentation as an educational form of recreation for a child reader; (2) the value of education in Miaduka folklore in the form of moral education, social education, skills education and multicultural education through the behavior of the characters in the story; (3) Miaduka folklore is a relevant story as a children's reading both in terms of language, style of narrative and the story presented. Specifically, the Miaduka folklore includes literary readings that are more relevant to be given to children who are still in the concrete operational stage in the view of child development psychology.


Keywords


children’s literature, folklore, Miaduka

References


Ali, M. Natsir. 1984. Dasar-dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Mutiara.

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Djamaris, Edwar.1993. Nilai Budaya dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Medpress.

Hadi, Sutrioso. 2004. Bimbingan Menulis Skripsi dan Thesis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huch, C. S. 1987. Childern Literature in Elementary School. Newyork: Holt Rinehart.

Koentjaraningrat. 1986. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kountur, Ronny. 2007. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Kunto, Ari. 1983. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak: dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Jakarta: Graha Ilmu.

Lukens, Rebeca J. 2003. A Critical Handbook of Childern’s Literature. New York: Longman.

Mahayana, Maman S. 2005. Jawaban Sastra Indonesia Sebuah Orientasi Kritik. Jakarta: Bening.

Mitchell, Diana 2003. Children’s Literature an Invitation to the World. Boston: Ablongman.

Mulawarman, Widyatmike Gede & Rokhmansyah, Alfian. 2018. Profil Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Nazir, Muhammad. 1988. Penelitian Ilmiah dan Rumusan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Sastra Anak: Persoalan Genre. dalam Humaniora, volume 16.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pramuki, Esti. 2000. Apresiasi Sastra Anak Secara Reseptif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwiati, Hari. 2012. Miaduka. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Resmini, Novi. 2014. Sastra Anak dan Pengajaranya di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santana, septiawan. 2007. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 1976. Bacaan Sastra Anak-anak: Suatu Penyelidikan Pendahuluan ke dalam Hakikat, Sifat dan Corak Bacaan Anak-anak serta Minat Anak pada Bacaanya. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Singarimbun dan Sofyan. 1989. Metodologi Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Solchan, dkk. 1994. Kecenderungan Perkembangan Sastra Anak. Dalam Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Penerapanya. Thn 22.No. 2.Juli hlm 224-231.

Suroto, Djojo dan Kinayanti. 2006. Analisis Teks Sastra dan Pengajaranya Yogyakarta: Pustaka.

Suryabrata, 1992. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Tuckers, Nicholas. 1991. The Child and the Book: A Psycological and Literary Exploration. New York: Holt Rinehart.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v3i3.2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Faisol Efendi, Yusak Hudiyono, Akhmad Murtadlo

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License