KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN TANJUNG REDEB KABUPATEN BERAU

Amelia Putri Dewi Nilam Sari, Achmad Djumlani, Bambang Irawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mendiskripsikan dan menganalisis kinerja aparatur dalam pelayanan prima kemudian untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari kinerja aparatur dalam pelayanan prima di kinerja Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau.   Sesuai tujuan penelitian maka analisis data yang digunakan adalah analisis data model  interaktif seperti yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992:20). Dari hasil penelitian yang diperoleh secara umum diketahui bahwa kinerja aparatur dalam pelayanan prima di kantor kecamatan Tanjung Redeb kabupaten berau dalam penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah telah mampu menciptakan terwujudnya Kecamatan Tanjung Redeb yang kondusif dalam rangka pelaksanaan pelayanan prima. Dalam pelaksanaan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 / 2003 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum di Kantor Kecamatan Tanjung Redeb, Terdapat beberapa kendala-kendala diantaranya perbedaan waktu penyelesaian pelayanan yang disesuaikan dengan tarif, biaya yang terbilang mahal untuk ukuran kabupaten maju tanjung redeb seperti,Karna dalam Pembuatan Akta tanah tidak terlalu rumit, cukup mempersiapkan semua persyaratan yang ada semuanya akan berjalan dengan cepat.

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, dkk. 2006. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Keban, Yeremis T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Jakarta : Gava Media.

Moenir, A. S. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani. 2007.Teori Administrasi Publik. Bandung: Alpa Beta.

Prawirosentono, Suryadi. 1992. Manajemen Sumberdaya Manusia:Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Menuju Organisasi Kompetitif Dalam Perdanggan Bebas Dunia. Yogyakarta : BPFE.

Rucky, Ahmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia.

Robbin, P. Stephen. 2003. Teori Organisasi: Struktur, Disain dan Aplikasi, Jakarta: Arcan.

Sedarmayanti. 2003. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implemantasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2003. Statistik untuk Penelitian. Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Willy. 2002. Audit Sumber Daya Manusia. Vorqistatama Binamega. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v2i3.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License