PELAYANAN E-KTP DI KANTOR CAMAT SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI EVALUASI PERPRES NOMOR 26 TAHUN 2009 TENTANG PENERAPAN KARTU TANDA PENDUDUK BERBASIS NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN SECARA NASIONAL)

Fahruradi ., Djumadi ., Burhanudin .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Evaluasi Kebijakan Pelayanan e KTP di Kantor Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelayanan  e-KTP di Kantor  Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara.

Indikator dalam mengukur nilai nilai budaya kerja pegawai Respon siveness/ketang gapan, yaitu kemauan atau kesiapan para pegawai untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat;  Reliability, yaitu kemampuan untuk mem berikan pelayanan yang dijanjikan dengan tepat (accurately)   dan kemampuan   untuk   dipercaya (dependably) terutama memberi kan jasa secara tepat waktu (ontime); Competence, keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan agar dapat memberikan pelayanan tertentu; Assurance, yaitu meliputi pengetahuan, kemampuan, keramahan, sopan, dan sifat dapat dipercaya, Emphaty, adalah keseriusan dan ketulusan dalam melayani masyarakat, sikap tegas tapi penuh perhatian  terhadap masyarakat, sehingga memudahkan dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan berkaitan dengan Pelayanan e-KTP di Kantor Camat Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dilaksanakan sudah cukup baik terutama berkaitan  kemampuan untuk memberikan pelayanan yang di janjikan dengan tepat, kesiapan para pegawai untuk memberikan pelayanan, memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan agar dapat memberikan pelayanan, sopan dalam memberikan pelayanan dan tegas tapi penuh perhatian terhadap masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin, 2000, Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke lmplementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Anderson ,1979. Evaluasi adalah the appraisal of assesstment of policy including its content implementation and impact (penilaian atau pengukuran kebijakan termasuk isi, Implementasi dan dampaknya).

Budi Winarno, 2004. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Media Pressindo.

Dunn, N William, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik. edisi kedua. Penerbit Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Dye Thomas R, 1992, Understanding Public Policy (Seventh edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Dwiyanto, Agus. 2002. Reformasi Birokasi Publik di Indonesia, Yogya-karta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada.

Dwiyanto, Agus. 2011. Mengembangkan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Utama.

Dye, Thomas R. 1975. Understanding Public Policy. Englewood Cliff, NJ.: Printice-Hall 2nd ed.

Dunn, William,N. 2000. Analisis Kebijakan Publik, Terjemahan Samudra Wibawa, dkk.Yogyakarta. UGM Press.

Deden Faturohman dan Wawan Sobari, 2002. Pengantar Ilmu Politik, Malang : Universitas Muhammmadiyah Malang.

Eka Supriyanto (2006) Judul Penelitian : " Upaya Peningkatan Pelayanan Publik di Kantor Catatan Sipil Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur dalam rangka Otonomi Daerah".

Edi Suharto, 2005. Analisis Kebijakan, Edisi Revisi. Bandung : PT. Alfabeta,

Gunawan Sumodiningrat, 1997. Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat, Edisi kedua. Bogor : PT. Bina Rena Pariwara.

Hessel Nogi Tangkilisan, 2003. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta.

Islamy, M Irfan. 2001. Seri Policy Analysis. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang.

Jones (1987) Evaluasi : an activity designed to judges the merits of government programs which varies significancy in the spesificationof objects, the techniques measurement and methods of analysis (suatu aktivitas yg dirancang untuk menilai keberhasilan program- program yg berbeda secara tajam dalam spesifikasi obyeknya, tehnik pengukurannya serta metode analisanya).

Jones, Charles. 1996. Pengantar Kebijakan Publik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Lester, James P. and Joseph Stewart. 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach. Australia: Wadsworth, Second Edition.

Moleong, Lexy. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Karya. Bandung.

Ndraha Taliziduhu, 2005. Teori Budaya Organisasi, Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Permendagri Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Perubahan Permendagri Standard KTP berbasis NIK Nasional, Jakarta.

Putra, Fadillah. 2004, Partai politik & kebijakan publik: Analisis terhadap kongruensi janji politik partai dengan realisasi produk kebijakan publik di Indonesia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Putra, Fadilah (2001) Paradigma Kritis Dalam Studi Kebijakan Publik, Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi masyarakat Dalam Proses Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar. Surabaya.

Ririn Sari Dewi (2008) Judul Penelitian :"Implementasi Pelayanan Pencatatan Sipil di Dinas Kependudukan, sosial dan Keluarga Berencana di Kota Bontang.

Ryan Nugroho, 2003. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi, Jakarta.

Said Zainal Abidin. 2004. Sumber Buku Kebijakan Publik, Edisi Revisi, Penerbit: Yayasan Pancur Siwah, Jakarta.

Samodra Wibowo, 1994. Evaluasi Kebijakan Publik, Jakarta.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (Konsep,Teori,dan Aplikasi) Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sumarsono (2005) Judul Penelitian " Kinerja Aparatur dalam Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blitar"

Supriyanto (2008) JudulPenelitian :" Analisis Kualitas layanan dengan metode serqual dan Analytic Hierarchy Process (AHP) pada Bidang Pencatatan Akta Kelahiran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya.

Yousa, Amri 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Laboratorium Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Administrasi Negara. FISIP Universitas Padjajaran Bandung.

Wahab. Abdul Solichin. 1997. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke lmplementasi Kebijaksanaan Negara., Bumi Aksara. Jakarta.

Wibawa Samodra, 1994. Kebijakan Publik Dan Analisis, Intermedia, Jakarta.

Widodo Joko, 2001, Good Governance, Insan Cendekia, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52239/jar.v1i2.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Administrative Reform (JAR)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Administrative Reform (JAR)
pISSN: 2337-7542 | eISSN: 2615-6709

Organized and Published by Magister Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
W : http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/
E  : jurnal.adm.reform@unmul.ac.id


Creative Commons License
Jurnal Administrative Reform (JAR) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License