Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang di Samarinda

Natasha Grandhis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menikmati makanan dan minuman serta telah menggunakan pelayanan jasa di Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada konsumen serta menggunakan alat analisis penelitian yaitu SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama diterima. Hasil pengujian dengan (Uji t) diketahui bahwa variabel kualitas produk merupakan variabel yang paling signifikan dan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang.

Keywords


Product Quality, Service Quality, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Anggraini, M. (2018). gastrodiplomasi sebagai strategi pengembangan pariwisata kuliner Indonesia dalam mendukung program ASTP. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1).

Ekawati, D. R., & KHASANAH, I. (2014). ANALISIS PENGARUHKUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLIVE FRIED CHICKEN TEMBALANG SEMARANG. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Estrada, A. A. E., & Wenagama, I. W. (2020). Pengaruh Laju Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Hayati, K. R., Kusnarto, K., Sholihatin, E., & Aprilisanda, I. D. (2019). PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA INDUSTRI KREATIF UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DESA BERKELANJUTAN DI KOTA BATU. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 4(1), 59–72.

Hidayah, G. T. (2015). Pengaruh Penetapan Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jackstar Resto & Cafe. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Isfahila, A., & Fatimah, F. (2018). Pengaruh Harga, Desain, Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2).

Muliani, L. (2019). Potensi Bubur Ase Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Jakarta. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 50–56.

Nugrahanto, R. P. (2016). KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK N 1 KEBUMEN TAHUN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 23–29.

Prihanto, J. N., Tampoli, D. N., Forturia, A., Irawan, C., Nurmila, D., &

Nurwiranti, T. U. (2019). Analisis Demografi Melalui Peran Sektor UMKM (Studi pada Desa Keranggan, Setu, Tangerang Selatan. UMN Press.

Romdonih, F. (2019). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Terhadap Industri Pariwisata Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Serengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(3), 374–394.

Sari, N. (2018). Pengembangan ekonomi kreatif bidang kuliner khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60.

Sutrisna, B., & Sejati, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbuck Coffe Cabang Galaxy Mall Surabaya. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i3.8633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.