Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Miu Petshop Samarinda

Yunita Laura Lalang

Abstract


Penelitian ini dilakukan di sebuah pet shop di Samarinda, yaitu Miu Petshop yang berlokasi di Jl. KS. Tubun Dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bauran pemasaran secara simultan atau parsial yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, orang, bukti fisik, dan proses keputusan pembelian konsumen pada Miu Petshop Samarinda. Dan untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh dominan, apakah produk, harga, promosi, lokasi, orang, bukti fisik, dan proses terhadap keputusan pembelian konsumen pada Miu Petshop Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Analisis data regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini adalah perhitungan uji F (simultan) variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, bukti fisik, dan proses secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Miu Petshop Samarinda. Untuk perhitungan uji T (parsial) variabel produk, harga, lokasi, orang, bukti fisik, dan proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Miu Petshop Samarinda, sedangkan untuk variabel promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian konsumen keputusan di Miu Petshop Samarinda. Pada uji dominan, variabel yang paling dominan berpengaruh adalah lokasi. Peneliti memberikan saran kepada perusahaan agar lebih memperhatikan kemasan produk, ketersediaan dan kelengkapan barang yang dibuat serta menambah promosi dengan cara lain selain menggunakan media sosial yaitu dengan menggunakan leaflet dan brosur.

Keywords


Bauran Pemasaran; Keputusan Pembelian; Miu Petshop Samarinda

Full Text:

PDF

References


Achyani1, Y. E. (2018). Tugas Akhir. 175.45.187.195, 31124. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf

Di, P., & Sumbawa, K. (2022). Pengaruh Pet Attachment Terhadap Happiness Pada Pemilik Hewan. 5(1).

Djamalu, R., Rauf, A., & Saleh, Y. (2019). Analisis Pemanfaatan Pekarangan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani Holtikultura Di Kecamatan Bulango Selatan. Jurnal Agrinesia, 3(3), 192–200. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/AGR/article/view/9749

Laside, I. K. D., Andaki, J. A., & ... (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Layanan SPDN (Solar Packed Dealer Nelayan) Di Desa Borgo Satu Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. … : Jurnal Ilmiah Agrobisnis …, 8(1), 7–12. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/akulturasi/article/view/28330

Meliala, D. M., & Hasugian, P. (2020). Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbor Dengan Decision Tree Dalam Memprediksi Penjualan Makanan Hewan Peliharaan Di Petshop Dore Vet Clinic. Teknologi Informasi, XV(November), 35–39.

Purba, J. T., Hery, & Widjaja, A. E. (2020). E-commerce implementation in supporting business services strategy (case study at petshop gifaro evidence). Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012012

Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020). Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia. Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, 26(1), 24. https://doi.org/10.36309/goi.v26i1.120

Sari, Y. P., & Komputer, F. I. (n.d.). Perbandingan Efisiensi dengan Algoritma Sorting dalam Penentuan Jarak (Studi Kasus: Pet Shop di Bandar Lampung). 16(01), 149–159.

Septiyanti, D., & Nadjamuddin, S. (2018). Sistem Informasi Penjualan, Pengadaan dan Jasa Grooming Pada Momo Petshop & Care. https://elibrary.unikom.ac.id/358/13/UNIKOM_Dini Septiyanti_Artikel.pdf

Widiyanti, W. (2022). Evaluasi Servqual pada Petshop Indonesia menggunakan Metode IPA dan. Prespektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 20(1), 50–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.54144/jadbis.v10i2.7897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul

 

3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences
Department of Bussines Administration 
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 812 18880540
E-Mail: jadbis@fisip.unmul.ac.id
 

Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL by http://e-journals.unmul.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.