ANALISIS NOVEL ADA SURGA DI RUMAHMU KARYA OKA AURORA DITINJAU DARI ASPEK SOSIOLOGI KARYA SASTRA

Juliansyah Juliansyah, Syaiful Arifin, Alfian Rokhmansyah

Abstract


ABSTRAK

 

Novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora merupakan novel yang memilki banyak pesan yang bermanfaat untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora berdasarkan aspek sosiologi karya sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,  memaparkan aspek sosiologi sastra pada novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora berdasarkan amanat pada novel. Data diperoleh dengan membaca novel Ada Syurga di Rumahmu karya Oka Aurora yang bersumber pada kutipan novel yang berisi tentang amanat-amanat sebagai bahan utama dalam penelitian dan membaca beberapa buku penunjang penelitian dan mencatat setiap data yang penting. Hasil peneltian ini menjelaskan aspek sosiolgi karya sastra dalam novel Ada Surga di Rumahmu karya Oka Aurora, yaitu memberi pengetahuan kepada pembaca agar menjadi manusia yang baik. Rasa cintanya terhadap keluarganya, mengantarkannya kepada kesuksesannya. Dalam novel ini, pengarang ingin mengajarkan pembaca, cara berbakti kepada orangtua, mengajarkan kepada wanita bahwa kehormatan adalah hal yang harus dijaga, menjelaskan bahwa kebahagiaan tidak semata-mata didapat di luar rumah. Menciptakan suasana keluarga yang baik menjadi inti dari cerita dalam novel ini, suasana keluarga yang penuh dengan kebahagiaan, rasa saling mengerti antara anak dan orangtua. Taat beragama dan belajar menerima segala sesuatu yang terjadi merupakan hal yang paling penting yang diajarkan orangtua Ramadhan kepada anaknya.

 

Kata Kunci: novel, sosiologi karya sastra

 

 

ABSTRACT

 

Novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora is a novel that has many useful messages for the community. This study aims to describe the novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora based on the sociological aspects of literary works. The method used in this research is the descriptive method, expose the aspect of the sociology of literature on the novel There Heaven in Your House by Oka Aurora based on the mandate in the novel. The data obtained by reading the novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora derived from a novel quote containing the mandates as the main ingredients in research and reading some research supporting books and noting any important data. The results of this study explain the sociology aspect of literary works in the novel Ada Surga di Rumahmu by Oka Aurora is, giving knowledge to the reader to become a good human being. His love for his family led him to his success. In this novel, the author wants to teach the reader, how to worship parents, teaches women that honor is a thing to be guarded, explaining that happiness is not solely obtained outside the home. Creating a good family atmosphere is at the heart of the story in this novel, a family atmosphere filled with happiness, mutual understanding between children and parents. Being religious and learning to accept everything that happens is the most important thing that parents teach Ramadan to their children.

 

Keywords: the novel, sociology of literary works


Full Text:

PDF

References


Abrams, M. H. 1981. A Glossary of Litterature Term. New York: Holt Rinehart and Winston.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apersiasi Karya Sastra Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsini. 2007. Prosedur Penelitian Suata Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damono, Sapardi Djoko. 2002. Pedoman Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Endraswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Saatra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Faruk. 1994. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hoerip, Satyagraha. 1982. Sejumlah Masalah Sastra. Jakarta: Sinar Harapan.

Junus, Umar. 1986. Sosiologi Sastra; Persoalan Teori dan Metode. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian pelajaran Malaysia.

Koenjaraningrat. 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2003, Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Semi, Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Siswantoro. 2004. Metode Penelitian Sastra Analisis Psikologi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wellek, Rene & Austin Warren. 1994. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v2i4.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Juliansyah, Syaiful Arifin, Alfian Rokhmansyah

Editorial address:

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
Jl. Ki Hajar Dewantara, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Email: jurnalilmubudaya.fibunmul@gmail.com
Website: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB 

 

Creative Commons License

Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License